√ Pengelolaan Manajemen Keuangan

Administrasi sebagai suatu aktivitas bersama yang terdapat disetiap perusahaan yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha yang ingin berhasil di dalam mengelola usahanya. Keuangan merupakan faktor penting dalam keberhasilan dan pendukung dalam menggiatkan perjuangan atau bisnis. Keuangan dipakai untuk modal operasional perusahaan, baik untuk produksi, membeli materi baku, promosi dan pemasaran, penjualan maupun tenaga kerja.

Administrasi sebagai suatu aktivitas bersama yang terdapat disetiap perusahaan yang harus d √ Pengelolaan Administrasi Keuangan

Fungsi keuangan dalam bisnis menitikberatkan kepada upaya menjaga sirkulasi arus uang didalam aktivitas perjuangan supaya tetap stabil. Seorang pengusaha perjuangan perlu mengadministrasikan keuangan perusahaan antara lain sebagai berikut.

  1. Menerima, menyiapkan uang, serta melakukan administrasinya.
  2. Menyiapkan bukti-bukti yang lengkap mengenai penerimaan dari pengeluaran keuangan sesuai dengan peraturan.
  3. Menyusun laporan kas.
  4. Meneliti kelengkapan dan kebenaran bukti-bukti pembukuan keuangan.
  5. Menata dan mengatur manajemen keuangan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
  6. Menyimpan dan memelihara semua dokumen pembukuan secara teratur.
  7. Menyiapkan serta menata keuangan berupa neraca penghitungan keuntungan atau rugi lengkap dengan klarifikasi atau lampirannya.

Dalam pengadministrasian keuangan perusahaan selalu bekerjasama dengan catatan-catatan baik setiap ada aktivitas jual beli atau penerimaan maupun pengeluaran uang. Catatan yang sering dipakai dalam perusahaan yakni sebagai berikut.
  1. Buku Jurnal, terdiri dari sebagai berikut:
    I. Jurnal penjualan, dipakai untuk mencatat penjualan produk secara kredit.
    II. Jurnal pembelian, dipakai untuk mencatat pembelian produk secara kredit.
    III. Jurnal penerimaan kas, dipakai untuk mencatat penerimaan uang kas.
    IV. Jurnal pengeluaran kas, dipakai untuk mencatat pengeluaran uang kas.
    V. Jurnal umum, dipakai untuk mencatat semua transaksi yang belum tercakup kedalam keempat jurnal tersebut.
  2. Buku besar, dipakai untuk mencatat perubahan harta, utang modal, pendapatan, dan beban.
  3. Buku piutang, dipakai untuk mencatat piutang-piutang dagang.
  4. Buku utang, dipakai untuk mencatat utang-utang perusahaan.


Demikian artikel kali ini, agar artikel wacana Pengelolaan Administrasi Keuangan ini sanggup bermanfaat bagi semua orang.

Belum ada Komentar untuk "√ Pengelolaan Manajemen Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel