√ Tipe-Tipe Forum Sosial Secara Umum

Lembaga sosial meliputi cara-cara pemenuhan kebutuhan insan dalam masyarakat yang diatur sesuai dengan orientasi nilai budaya, sehingga berlangsung secara tertib dan teratur.

Mengingat begitu kompleksnya kebutuhan insan maka diciptakan banyak sekali forum sosial yang sanggup diklasifikasikan.

cara pemenuhan kebutuhan insan dalam masyarakat yang diatur sesuai dengan orientasi nila √ Tipe-Tipe Lembaga Sosial secara Umum

1. Berdasarkan Sistem Nilai yang Diterima Masyarakat

Berdasarkan sistem nilai yang diterima masyarakat, kita mengenal adanya basic institutions dan subsidiary institutions.

1. Basic Institutions, forum sosial yang sangat penting untuk memelihara dan mempertahankan tata tertib masyarakat. Beberapa referensi forum yang termasuk didalamnya yaitu keluarga, sekolah, dan negara.

2. Subsidiary Institutions, Lembaga sosial yang dianggap oleh masyarakat kurang penting. Contohnya acara rekreasi.

2. Berdasarkan Perkembangannya

Kita mengenal dua tipe forum sosial dilihat dari perkembangannya, yaitu crescive institutions dan enacted institutions.

1. Crescive Institutions, forum sosial yang tidak disengaja tumbuh dari akhlak istiadat masyarakat, sehingga disebut juga pranata paling primer. Misalnya forum perkawinan dan forum agama.

2. Enacted Institutions, forum sosial yang sengaja dibuat untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya forum keuangan ibarat bank yang sengaja dibuat untuk mengatur peredaran uang di masyarakat, serta membantu masyarakat dalam hal keuangan.

3. Berdasarkan Penerimaan Masyarakat

Tipe forum sosial menurut sudut penerimaan masyarakat sanggup dibedakan atas approved institutions atau social sanctioned institutions dan unsanctioned institutions.

1. Approved Institutions, forum sosial yang diterima secara umum oleh masyarakat. Lembaga ini mempunyai hukuman bagi setiap orang yang melaksanakan pelanggaran terhadap aturan-aturan dalam forum tersebut. Beberapa forum yang sanggup digolongkan ke dalam tipe ini yaitu sekolah, agama, dan perdagangan.

2. Unsanctioned Institutions, forum sosial yang ditolak dan tidak dikehendaki keberadaannya oleh masyarakat, meskipun mereka tidak bisa memberantas secara tuntas. Misalnya kelompok-kelompok pemeras, dan lain-lain.

4. Berdasarkan Penyebarannya

Berdasarkan penyebarannya tipe forum sosial terdiri atas general institutions dan restricted institutions.

1. General Institutions, forum sosial yang dikenal dan diakui oleh hampir seluruh masyarakat dunia. Misalnya agama dan hak-hak asasi insan (HAM).

2. Restricted Institutions, forum sosial yang hanya dikenal oleh sebagian masyarakat tertentu saja.

5. Berdasarkan Fungsinya

Dilihat dari fungsinya tipe forum sosial dibedakan atas operative institutions dan regulative institutions.

1. Operative Institutions, forum sosial yang berfungsi menghimpun pola-pola atau cara-cara yang diharapkan untuk mencapai tujuan tertentu. Contohnya forum pertanian, forum perdagangan, forum perikanan, dan lain-lain.

2. Regulative Institutions, forum sosial yang berfungsi mengawasi tata kelakuan dalam masyarakat. Misalnya kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan.

Nah itu lah pembahasan mengenai Tipe-Tipe Lembaga Sosial secara Umum, agar pembahasan ini bisa menambah wawasan dan membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.

Belum ada Komentar untuk "√ Tipe-Tipe Forum Sosial Secara Umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel