√ Tipe Forum Sosial Menurut Deskripsi Cultural Universal

Selain itu Koentjaraningrat membagi forum sosial menurut deskripsi cultural universal dari C. Kluckhohn menjadi tujuh, yaitu sebagai berikut.

Selain itu Koentjaraningrat membagi forum sosial menurut deskripsi  √ Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Deskripsi Cultural Universal

1. Kinship atau Domestic Institutions
Tipe forum sosial ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan relasi kekerabatan. Misalnya forum perkawinan.

2. Economic Institutions
Lembaga sosial ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan insan akan mata pencaharian hidup. Misalnya industri, pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain.

3. Educational Institutions
Lembaga sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan insan akan penerangan atau pendidikan. Misalnya sekolah, universitas, forum pendidikan dan keterampilan, serta banyak sekali forum penyuluhan, menyerupai pertanian.

4. Esthetic and Recreational Institutions
Lembaga sosial tipe ini intinya dibuat untuk memenuhi kebutuhan insan dalam menyatakan rasa keindahan. Misalnya seni tari, seni lukis, seni pahat, dan seni vokal.

5. Scientific Institutions
Lembaga sosial yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah insan dalam menyelami alam semesta. Misalnya forum penelitian.

6. Religious Institutions
Lembaga sosial tipe ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan insan dalam melaksanakan relasi dengan tuhan. Misalnya banyak sekali daerah ibadah, menyerupai masjid, gereja, pura, wihara, dan klenteng.

7. Political Institutions
Lembaga sosial ini dibuat dengan tujuan pemenuhan kebutuhan jasmaniah manusia. Sebagai pola ialah dibentuknya klub olahraga, menyerupai senam, bulu tangkis, tenis, dan lain-lain.

Nah itu lah pembahasan mengenai IPS Sosiologi ihwal Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Deskripsi Cultural Universal, biar pembahasan ini dapat membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.

Belum ada Komentar untuk "√ Tipe Forum Sosial Menurut Deskripsi Cultural Universal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel