√ Klarifikasi Lengkap Perihal 5 Jenis Forum Sosial
Setiap forum sosial tentunya mempunyai struktur sosial sendiri-sendiri. Apa itu struktur sosial? Struktur sosial ialah jaringan yang saling bekerjasama antara individu-individu dengan kelompok-kelompok yang ada di masyarakat.
Di samping itu, ukuran-ukuran sikap yang sanggup diterima dalam suatu forum juga bersifat khas untuk masing-masing lembaga. Di masyarakat terdapat beberapa macam forum sosial, diantaranya sebagai berikut.
Lembaga kemasyarakatan merupakan himpunan norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat.
#2. Fungsi Laten Agama
Lembaga pendidikan formal biasanya mempunyai kurikulum sebagai pedoman, pengajar dengan kualifikasi tertentu, serta sasaran kompetensi yang harus dikuasai oleh lulusannya.
Di samping itu, ukuran-ukuran sikap yang sanggup diterima dalam suatu forum juga bersifat khas untuk masing-masing lembaga. Di masyarakat terdapat beberapa macam forum sosial, diantaranya sebagai berikut.
1. Lembaga Keluarga
Keluarga merupakan unit sosial kecil yang terdiri atas, ayah, ibu, dan anak. Keluarga mempunyai fungsi beragam bagi terciptanya kehidupan sosial dalam masyarakat.
a. Pengertian Lembaga Keluarga
Menurut Horton dan Hunt, suatu keluarga merupakan:
- Suatu kelompok yang mempunyai nenek moyang yang sama.
- Suatu kelompok kekerabatan yang disatukan oleh darah atau pernikahan.
- Pasangan pernikahan dengan anak atau tanpa anak.
- Pasangan tanpa nikah yang mempunyai anak.
- Satu orang dengan beberapa anak.
b. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Keluarga
Faktor yang mempengaruhi terbentuknya keluarga antara lain:
- Dorongan kebutuhan biologis.
- Dorongan untuk mendapatkan anak.
- Alasan-alasan ekonomi.
Lembaga kemasyarakatan merupakan himpunan norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat.
c. Ciri-Ciri Keluarga
Menurut Burgess dan Locke, ada 4 karakteristik keluarga, yaitu:
- Keluarga ialah susunan orang-orang yang disatukan oleh ikatan pernikahan, darah atau adopsi.
- Anggota-anggota keluarga ditandai dengan hidup bersama di bawah satu atap yang merupakan satu susunan rumah tangga.
- Keluarga merupakan satuan sosial yang terdiri dari orang-orang yang berinteraksi dan berkomunikasi, sehingga membuat peranan-peranan sosial bagi suami, istri, ayah, ibu, putra (anak laki-laki), putri (anak perempuan), abang laki-laki, abang perempuan, adik laki-laki, ataupun adik perempuan.
- Keluarga ialah pemelihara suatu kebudayaan bersama yang intinya diperoleh dari masyarakat.
d. Struktur Keluarga
Di dalam masyarakat, kita jumpai antarhubungan keluarga dibedakan menjadi dua, yaitu:
- Hubungan antarkeluarga yang mendirikan pernikahan yang disebut Conjugal Family, oleh Koentjaraningat dikenal dengan istilah keluarga batih (Muclear Family).
- Hubungan antarkeluarga yang berdasarkan keturunan disebut Consanguine Family. Ini tidak didasarkan pada pertalian kehidupan suami-istri, melainkan pada pertalian darah dari sejumlah orang kerabat sering disebut keluarga besar (Extended Family).
Ikatan keturunan dalam keluarga consanguine biasanya unilateral, yakni didasarkan atau dasar garis keturunan pihak laki-laki atau perempuan.
e. Fungsi Keluarga
Keluarga mempunyai beberapa fungsi antara lain:
- Biologis dan Reproduksi. Suami istri sanggup memenuhi kebutuhan biologisnya secara sah sehingga sanggup meneruskan keturunan dengan garis yang jelas.
- Fungsi Edukasi, Orang bau tanah punya tanggung jawab mengasuh dan mendidik anak-anaknya dengan baik. Bagi anak-anaknya mulai mencar ilmu mengenal dan menghayati nilai-nilai dan norma-norma sosial melalui interaksi aktif dengan keluarga.
- Fungsi Afeksi. Anak-anak memperoleh kebutuhan akan rasa kasih sayang atau rasa untuk dicintai.
- Fungsi Ekonomi. Setelah berkeluarga, mereka akan mengelola ekonomi keluarga secara mandiri. Dengan demikian, mereka harus mencari sumber penghasilan sendiri.
- Fungsi Perlindungan. Keluarga merupakan daerah kondusif bagi para anggotanya.
- Fungsi Penentu Status. Orang bau tanah di dalam keluarga ikut menentukan status anak-anaknya kelak di kemudian hari.
f. Bentuk-Bentuk Pernikahan
Keluarga sanggup dibedakan atas beberapa bentuk berdasarkan sejumlah kriteria sebagai berikut.
#1. Menurut Proses Perkembangannya
Promisquitas: Pernikahan antara laki-laki dan perempuan yang tidak teratur sanggup dikatakan tingkatannya menyerupai terdapat dalam kehidupan binatang.
Pernikahan Gerombolan: Pernikahan antara segerombolan laki-laki dengan segerombolan wanita.
Pernikahan Matrilineal: Suatu bentuk pernikahan di mana belum dewasa yang dilahirkan dalam pernikahan tersebut masuk dalam lingkungan keluarga ibu.
Pernikahan Patrilineal: Suatu bentuk pernikahan di mana belum dewasa yang dilahirkan dalam pernikahan tersebut masuk dalam lingkungan keluarga ayah.
Pernikahan Parental: Suatu bentuk pernikahan yang mengakui peranan ayah dan ibu sekaligus, dengan kata lain belum dewasa menjadi tanggung jawab ayah dan ibu, sekaligus masuk sebagai keturunan ayah dan ibu.
#2. Menurut Jumlah Suami-Istri
Poligami: Poligami merupakan keluarga batih yang bentuknya lebih kompleks, yaitu apabila ada lebih dari satu orang suami atau istri. Poligami dibedakan menjadi dua yaitu, poligami dan poliandri.
Promisquitas: Pernikahan antara laki-laki dan perempuan yang tidak teratur sanggup dikatakan tingkatannya menyerupai terdapat dalam kehidupan binatang.
Pernikahan Gerombolan: Pernikahan antara segerombolan laki-laki dengan segerombolan wanita.
Pernikahan Matrilineal: Suatu bentuk pernikahan di mana belum dewasa yang dilahirkan dalam pernikahan tersebut masuk dalam lingkungan keluarga ibu.
Pernikahan Patrilineal: Suatu bentuk pernikahan di mana belum dewasa yang dilahirkan dalam pernikahan tersebut masuk dalam lingkungan keluarga ayah.
Pernikahan Parental: Suatu bentuk pernikahan yang mengakui peranan ayah dan ibu sekaligus, dengan kata lain belum dewasa menjadi tanggung jawab ayah dan ibu, sekaligus masuk sebagai keturunan ayah dan ibu.
#2. Menurut Jumlah Suami-Istri
Poligami: Poligami merupakan keluarga batih yang bentuknya lebih kompleks, yaitu apabila ada lebih dari satu orang suami atau istri. Poligami dibedakan menjadi dua yaitu, poligami dan poliandri.
Poligami ialah pernikahan antara seorang laki-laki dengan dua orang atau lebih wanita, nah yang ke dua ialah poliandri yaitu pernikahan yang terjadi antara seorang perempuan dengan dua orang laki-laki atau lebih.
Yang membedakan antara poligami dan poliandri ialah poligami dilakukan oleh laki-laki sedangkan poliandri dilakukan oleh perempuan.
Monogami: Monogami merupakan bentuk pernikahan antara seorang perempuan dengan seorang pria.
#3. Menurut Lingkungan Asal Suami-Istri
Maksud lingkungan suami atau istri yaitu apakah suami atau istri itu berasal dari dalam kelompoknya sendiri atau dari luar kelompok. Oleh lantaran itu, bila dilihat dari asal suami atau istri tersebut sanggup dibedakan menjadi dua yaitu:
Eksogami: Adalah pernikahan yang jodohnya diambil dari klen atau kelompok lain.
Monogami: Monogami merupakan bentuk pernikahan antara seorang perempuan dengan seorang pria.
#3. Menurut Lingkungan Asal Suami-Istri
Maksud lingkungan suami atau istri yaitu apakah suami atau istri itu berasal dari dalam kelompoknya sendiri atau dari luar kelompok. Oleh lantaran itu, bila dilihat dari asal suami atau istri tersebut sanggup dibedakan menjadi dua yaitu:
Eksogami: Adalah pernikahan yang jodohnya diambil dari klen atau kelompok lain.
Ada dua macam bentuk pernikahan sebagai berikut:
# Connubium Asimetris (Sepihak), ini merupakan kekerabatan pernikahan yang terjadi antarklen, di mana satu klen hanya berfungsi sebagai peserta dan pemberi gds. Jadi, kekerabatan antarklen tidak timbal balik (tidak resiprokal).
# Connubium Simetris (Dua Pihak), dalam connubium simetris antara dua klen saling memberi dan mendapatkan jodoh, dengan kata lain kekerabatan antarklen yang ada ialah resiprokal.
Endogmi: Adalah pernikahan yang terjadi dalam lingkungan klennya sendiri. Pernikahan semacam ini bertujuan untuk menjaga kelestarian desa atau warisan semoga tidak jatuh ke tangan orang lain atau bisa juga untuk menjaga kemurnian darah (keturunan).
#4. Pernikahan antara Saudara-Saudara Seketurunan
Pernikahan semacam ini kalau di Jawa disebut pernikahan nak ndulur, di Manggarai (Flores) disebut anak Rona-winar, di Sikka dikenal dengan Ipartuang.
Endogmi: Adalah pernikahan yang terjadi dalam lingkungan klennya sendiri. Pernikahan semacam ini bertujuan untuk menjaga kelestarian desa atau warisan semoga tidak jatuh ke tangan orang lain atau bisa juga untuk menjaga kemurnian darah (keturunan).
#4. Pernikahan antara Saudara-Saudara Seketurunan
Pernikahan semacam ini kalau di Jawa disebut pernikahan nak ndulur, di Manggarai (Flores) disebut anak Rona-winar, di Sikka dikenal dengan Ipartuang.
Pada masyarakat unilateral, pernikahan ini dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut:
Paracelcousin: Yaitu pernikahan antara belum dewasa dari dua orang bersaudara sekandung yang sama jenis kelaminnya, atau pernikahan antara anak dengan anak dari saudara laki-laki ayah atau anak dari saudara perempuan ibu.
Crosscousin: Yaitu pernikahan antara belum dewasa dari dua orang bau tanah saudara sekandung yang berbeda jenis kelamin. Dapat juga diartikan pernikahan antara anak dengan anak dari saudara perempuan ayah, atau anak dari saudara laki-laki ibu.
#5. Menurut Terjadinya Pernikahan
Pernikahan Lari atau Nikah Rangkat: Pernikahan lari yaitu suatu bentuk pernikahan di mana seorang laki-laki membawa lari seorang gadis . Coraknya bisa lantaran persetujuan dengan gadis tersebut atau bisa tanpa persetujuan dengan gadis tersebut.
Paracelcousin: Yaitu pernikahan antara belum dewasa dari dua orang bersaudara sekandung yang sama jenis kelaminnya, atau pernikahan antara anak dengan anak dari saudara laki-laki ayah atau anak dari saudara perempuan ibu.
Crosscousin: Yaitu pernikahan antara belum dewasa dari dua orang bau tanah saudara sekandung yang berbeda jenis kelamin. Dapat juga diartikan pernikahan antara anak dengan anak dari saudara perempuan ayah, atau anak dari saudara laki-laki ibu.
#5. Menurut Terjadinya Pernikahan
Pernikahan Lari atau Nikah Rangkat: Pernikahan lari yaitu suatu bentuk pernikahan di mana seorang laki-laki membawa lari seorang gadis . Coraknya bisa lantaran persetujuan dengan gadis tersebut atau bisa tanpa persetujuan dengan gadis tersebut.
Pernikahan semacam ini masih terdapat pada suku-suku menyerupai di Lampung, Bali, Lombok, Sulawesi Selatan, Dayak, dan Flores.
Pernikahan Peminangan: Pernikahan peminangan yaitu bentuk pernikahan ini terjadi melewati mekanisme yang masuk akal dan bisa berlaku di aneka macam tempat.
Pernikahan Levirat (Pengganti atau Ganti Tikar): Pernikahan semacam ini berlaku pada sistem patrilineal, kalau setelah pernikahan suami meninggal maka janda itu dikawini oleh saudara laki-laki almarhum.
Hal ini bukanlah suatu keharusan hanya saja untuk mempertahankan harta warisannya tidak jatuh ke tangan orang lain. Misalnya di Batak dikenal dengan nama pareakhon, sedangkan di Jawa dikenal dengan nama karang wolu.
Pernikahan Soroat: Pernikahan soroat yaitu pernikahan dimana seorang laki-laki mengawini dua orang abang beradik. Hal ini terjadi apabila pernikahan dengan kakaknya tidak melahirkan anak (mandul), atau pernikahan antara seorang duda dengan adik kandung almarhumah istrinya.
Pernikahan Keris: Pernikahan keris yaitu suatu bentuk pernikahan kalau mempelai laki-laki tidak sanggup tiba pada waktu ijab kabul lantaran suatu hal (halangan), sehingga mempelai laki-laki diwakili dengan sebuah keris (senjata pusaka).
Dengan demikian, keris diletakkan berdampingan dengan mempelai wanita, ketika upacara pernikahan berlangsung, upacara semacam ini lazimnya dijumpai di Jawa.
Pernikahan Kaus Tangan: Pernikahan kaus tangan yaitu pernikahan ini prinsipnya sama saja dengan pernikahan keris. Hanya saja, pernikahan semacam ini merupakan tradisi masyarakat Eropa.
Pernikahan Hipergami: Pernikahan hipergami yaitu suatu pernikahan yang mengutamakan kemurnian darah bangsawan. Pernikahan semacam ini hanya saja terjadi pada kalangan bangsawan.
Pernikahan Pengabdian: Pernikahan dedikasi terjadi kalau di cowok sama sekali tidak sanggup membayar mas kawin. Oleh lantaran itu sebagai penggantinya si cowok harus mengabdi dahulu pada calon istri.
#6. Bentuk Pernikahan yang Lain
Pernikahan dengan Adat Utrolokal: Adat bercirikan kedua pengantin gres tinggal disekitar rumah keluarga istri atau suami. Hal ini bukan merupakan keharusan.
Pernikahan Adat Bilokal atau Matrilokal: Adat mengharuskan mempelai gres bertempat tinggal atau menetap di lingkungan keluarga istri dan setelah jangka waktu tertentu pindah, berpindah dan membisu di sekitar lingkungan keluarga suami.
Adat Neolokal: Adat yang mengharuskan pengantin gres untuk tidak berdiam di sekitar kediaman keluarga istri maupun keluarga suami. Mereka harus mencari daerah tinggal yang sama sekali baru.
Adat Avonkulokal: Adat yang mengharuskan pengantin gres untuk tinggal di rumah saudara lelaki dari ibu sang istri.
Adat Natolokal: Adat mengharuskan sepasang suami istri tinggal di daerah masing-masing dalam jangka waktu tertentu. Tetapi sedapat mungkin mereka tinggal dalam desa atau lingkungan desa yang sama.
#7. Tujuan Pernikahan
Pernikahan Peminangan: Pernikahan peminangan yaitu bentuk pernikahan ini terjadi melewati mekanisme yang masuk akal dan bisa berlaku di aneka macam tempat.
Pernikahan Levirat (Pengganti atau Ganti Tikar): Pernikahan semacam ini berlaku pada sistem patrilineal, kalau setelah pernikahan suami meninggal maka janda itu dikawini oleh saudara laki-laki almarhum.
Hal ini bukanlah suatu keharusan hanya saja untuk mempertahankan harta warisannya tidak jatuh ke tangan orang lain. Misalnya di Batak dikenal dengan nama pareakhon, sedangkan di Jawa dikenal dengan nama karang wolu.
Pernikahan Soroat: Pernikahan soroat yaitu pernikahan dimana seorang laki-laki mengawini dua orang abang beradik. Hal ini terjadi apabila pernikahan dengan kakaknya tidak melahirkan anak (mandul), atau pernikahan antara seorang duda dengan adik kandung almarhumah istrinya.
Pernikahan Keris: Pernikahan keris yaitu suatu bentuk pernikahan kalau mempelai laki-laki tidak sanggup tiba pada waktu ijab kabul lantaran suatu hal (halangan), sehingga mempelai laki-laki diwakili dengan sebuah keris (senjata pusaka).
Dengan demikian, keris diletakkan berdampingan dengan mempelai wanita, ketika upacara pernikahan berlangsung, upacara semacam ini lazimnya dijumpai di Jawa.
Pernikahan Kaus Tangan: Pernikahan kaus tangan yaitu pernikahan ini prinsipnya sama saja dengan pernikahan keris. Hanya saja, pernikahan semacam ini merupakan tradisi masyarakat Eropa.
Pernikahan Hipergami: Pernikahan hipergami yaitu suatu pernikahan yang mengutamakan kemurnian darah bangsawan. Pernikahan semacam ini hanya saja terjadi pada kalangan bangsawan.
Pernikahan Pengabdian: Pernikahan dedikasi terjadi kalau di cowok sama sekali tidak sanggup membayar mas kawin. Oleh lantaran itu sebagai penggantinya si cowok harus mengabdi dahulu pada calon istri.
#6. Bentuk Pernikahan yang Lain
Pernikahan dengan Adat Utrolokal: Adat bercirikan kedua pengantin gres tinggal disekitar rumah keluarga istri atau suami. Hal ini bukan merupakan keharusan.
Pernikahan Adat Bilokal atau Matrilokal: Adat mengharuskan mempelai gres bertempat tinggal atau menetap di lingkungan keluarga istri dan setelah jangka waktu tertentu pindah, berpindah dan membisu di sekitar lingkungan keluarga suami.
Adat Neolokal: Adat yang mengharuskan pengantin gres untuk tidak berdiam di sekitar kediaman keluarga istri maupun keluarga suami. Mereka harus mencari daerah tinggal yang sama sekali baru.
Adat Avonkulokal: Adat yang mengharuskan pengantin gres untuk tinggal di rumah saudara lelaki dari ibu sang istri.
Adat Natolokal: Adat mengharuskan sepasang suami istri tinggal di daerah masing-masing dalam jangka waktu tertentu. Tetapi sedapat mungkin mereka tinggal dalam desa atau lingkungan desa yang sama.
#7. Tujuan Pernikahan
- Membentuk keluarga yang senang dan kekal.
- Memenuhi kebutuhan biologis yang sah dan sehat.
- Mendapatkan keturunan.
- Untuk mewariskan kebudayaan kepada generasi penerus.
- Memperjelas garis keturunan.
- Memperkuat kekerabatan kekerabatan dari pihak suami istri.
- Memperoleh kasih sayang, bahagia, dan rasa aman.
2. Lembaga Agama
a. Pengeertian Lembaga Agama
Agama merupakan suatu yang terpenting dan mengatur kehidupan manusia. Menurut Durkheim, agama ialah suatu sistem terpadu dari kepercayaan dan praktik keagamaan yang berkaitan dengan hal-hal yang suci, dan sanggup mempersatukan orang-orang yang beriman ke dalam kelompok atau komunitas moral yang disebut umat.
Ada juga yang mengatakan, agama ialah suatu sistem keyakinan dan praktik keagamaan dalam masyarakat yang telah dirumuskan dan dibakukan secara luas.
Di dalam agama diatur adanya kekerabatan vertikal dan horizontal. Hubungan vertikal itu ialah kekerabatan dengan Tuhan, sedangkan kekerabatan horizontal ialah kekerabatan antara insan dengan manusia.
b. Fungsi Agama
Horton dan Hunt mengemukakan bahwa fungsi agama sanggup dibedakan atas fungsi manifest dan laten.
#1. Fungsi Manifes Agama
- Membujuk insan semoga melakukan ritus agama.
- Bersama-sama menerapkan anutan agama.
- Menjalankan kegiatan yang diperkenankan agama.
#2. Fungsi Laten Agama
- Meningkatkan mobilitas sosial.
- Mendorong terciptanya beberapa bentuk stratifikasi sosial.
- Mengembangkan seperangkat nilai ekonomi.
c. Fungsi Pranata Agama
Fungsi pokok pranata agama ialah menunjukkan pedoman bagi insan untuk bekerjasama dengan Tuhannya. Secara lebih terperinci fungsi pranata agama ialah sebagai berikut:
- Mendorong tumbuhnya lembaga-lembaga keagamaan, menyerupai dibangunnya tempat-tempat ibadah, tempat-tempat mempelajari anutan agama, dan sebagainya.
- Terselenggaranya kegiatan-kegiatan di bidang keagamaan.
- Tetap terpelihara dan terjaga norma-norma agama sebagai belahan dari sistem norma di masyarakat.
- Sebagai wahana pengendalian sosial bagi warga masyarakat yang berperilaku menyimpang.
- Sebagai pedoman dan tindakan warga masyarakat dalam bekerjasama antara sesamanya insan dengan lingkungannya, dan insan dengan penciptanya.
- Sebagai media untuk mendidik dan membina warga masyarakat di bidang keagamaan.
- Mengarahkan warga masyarakat untuk mencapai kesejahteraan dan kedamaian batin, serta mengembangkannya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
3. Lembaga Pendidikan
a. Pengertian Pranata Pendidikan
Menurut para ahli, ada beberapa pengertian perihal forum pendidikan, yaitu:
Ki Hajar Dewantara: Pendidikan ialah daya upaya memajukan perkembangan kebijaksanaan pekerti, pikiran, dan jasmani belum dewasa semoga mereka sebagai insan dan sebagai anggota masyarakat sanggup mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional: Pendidikan ialah perjuangan sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Ki Hajar Dewantara: Pendidikan ialah daya upaya memajukan perkembangan kebijaksanaan pekerti, pikiran, dan jasmani belum dewasa semoga mereka sebagai insan dan sebagai anggota masyarakat sanggup mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional: Pendidikan ialah perjuangan sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
b. Unsur-Unsur Pendidikan
Unsur-unsur pendidikan meliputi:
- Ada peserta didik dan pendidik.
- Ada landasan pendidikan dan tujuan yang akan dicapai.
- Ada proses pendidikan.
- Ada pendidikan dan sarana prasarana pendidikan.
- Ada kurikulum, metodologi, evaluasi, pelaporan, dan lain-lain.
- Adanya rentang waktu untuk menuntaskan setiap jenjang pendidikan.
c. Fungsi Pendidikan
Horton dan Hunt membagi fungsi pendidikan menjadi dua bagian, yaitu fungsi manifes dan fungsi laten,
#1. Fungsi Manifes (nyata)
Fungsi manifes ada beberapa macam, namun yang utama ada dua, yaitu:
- Membantu orang bau tanah supaya sanggup mencari nafkah.
- Menolong orang untuk membuatkan potensinya demi pemenuhan kebutuhan pribadinya dan pembangunan masyarakat.
- Melestarikan kebudayaan dengan cara mewariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
- Merangsang partisipasi demokrasi melalui pengajaran keterampilan berbicara dan membuatkan kemampuan berpikir secara rasional dan bebas.
- Memperluas wawasan dan pengalaman kehidupan.
- Meningkatkan kemampuan mengikuti keadaan melalui bimbingan dan kursus.
- Meningkatkan taraf kesehatan para cowok bangsa.
- Membentuk warga negara yang patriotik dan gagah berani.
- Mempercepat terbentuknya integrasi antarras yang berbeda.
#2. Fungsi Laten (tersembunyi)
Fungsi ini ialah memperpanjang masa ketidakdewasaan, atau dengan kata lain memperpanjang usia anak-anak. Sebab selama anak masih menempuh pendidikan formal berarti ia belum bisa mandirim sehingga ia akan terlambat memasuki dunia kerja maupun dunia yang lain.
Disamping dua fungsi pendidikan diatas, sebetulnya pendidikan masih punya fungsi, yaitu:
- Menyiapkan bagi peran-peran pekerjaan.
- Sebagai mediator pewarisan kebudayaan.
- Memperkenalkan terhadap individu-individu perihal aneka macam kiprah yang ada di masyarakat.
- Menyiapkan individu dengan aneka macam kiprah sosial di masyarakat.
- Meningkatkan kemajuan melalui aneka macam penelitian.
- Memperkuat pembiasaan diri dan membangun kekerabatan sosial.
d. Macam-Macam Lembaga Pendidikan
Secara umum, Horton dan Hunt membedakan forum pendidikan menjadi:
#1. Lembaga Pendidikan Informal
Banyak proses pendidikan yang berlangsung secara informal, baik dalam lingkungan keluarga maupun kelompok sosial, bahkan diantaranya ada yang tanpa disadari.
#2. Lembaga Pendidikan Formal
Lembaga pendidikan formal biasanya mempunyai kurikulum sebagai pedoman, pengajar dengan kualifikasi tertentu, serta sasaran kompetensi yang harus dikuasai oleh lulusannya.
Pendidikan formal bisa bersifat umum, menyerupai SLB maupun sekolah lain bagi belum dewasa berkebutuhan khusus dan bersifat kejuruan, menyerupai SMK, STM, SMEA, dan sebagainya.
#3. Lembaga pendidikan Non-formal
Lembaga pendidikan non-formal sanggup berupa pembinaan ataupun kursus yang diadakan untuk menunjukkan keterampilan praktis, biasanya diubahsuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Durasi pendidikan biasanya jauh lebih singkat bila dibandingkan dengan pendidikan formal.
Selain itu, Randall Collins membedakan forum pendidikan menjadi 3 tipe, di antaranya:
(1). Pendidikan Keterampilan dan Praktis
Pendidikan yang dilaksanakan untuk menunjukkan bekal keterampilan maupun kemampuan teknis tertentu semoga sanggup diaplikasikan kepada bentuk mata pencaharian masyarakat.
(2). Pendidikan Kelompok Status
Pengajaran yang diupayakan untuk mempertahankan prestise, simbol, serta hak-hak istimewa (privilese) kelompok elite dalam masyarakat yang mempunyai pelapisan sosial.
(3). Pendidikan Birokratis
Pendidikan yang diciptakan oleh pemerintah untuk melayani kepentingan kualifikasi pekerjaan yang bekerjasama dengan pemerintah serta berkhasiat pula sebagai sarana sosialisasi politik dari pemerintah kepada masyarakat.
4. Lembaga Ekonomi
Keberadaan suatu forum ekonomi sangat bersahabat kaitannya dengan upaya insan dalam memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraannya. Menurut analisis fungsional, forum ekonomi lahir dari perjuangan anggota masyarakat yang bersifat coba-coba (trial and error) dalam memenuhi kebutuhannya.
Sementara berdasarkan analisis konflik, forum ekonomi lahir dari keberhasilan suatu kelompok memaksakan sekian banyak kiprah dan kewajiban berkaitan pemenuhan kebutuhan terhadap kelompok lainnya.
a. Pengertian Lembaga Ekonomi
Pranata forum ekonomi ialah pranata yang menangani masalah kesejahteraan material. Yaitu mengatur kegiatan atau cara-cara berproduksi, distribusi, dan konsumsi (pemakaian) barang dan jasa yang diharapkan bagi kelangsungan hidup bermasyarakat. Dengan begitu, semua lapisan masyarakat mendapatkan belahan yang semestinya.
Berdasarkan pengertian di atas, pembahasan mengenai pranata ekonomi tidak sanggup lepas dari tiga kegiatan pokok dalam bidang ekonomi, yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.
#1. Kegiatan Produksi
Produksi ialah suatu perjuangan yang secara pribadi atau tidak pribadi menghasilkan barang dan jasa yang berkhasiat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Ada tiga sektor perjuangan produksi, yaitu:
Sektor primer: Suatu kegiatan yang pribadi bekerjasama dengan alam untuk menghasilkan bahan-bahan dasar. Sektor primer mencakup berburu dan meramu (hunting and gathering), bercocok tanam di ladang secara nomaden (shifing cultivations), bercocok tanam menetap di sawah, beternak secara berpindah-pindah (pastoral nomaden), perikanan (fishing), perkebunan, kehutanan, pertambangan bagi masyarakat yang sudah maju.
Sektor sekunder: Kegiatan mengolah materi dasar menjadi barang jadi atau setengah jadi.
Sektor tersier: Suatu kegiatan yang menghasilkan jasa-jasa yang berfungsi membantu, melayani, memperlancar, menyalurkan, dan menghubungkan.
#2. Kegiatan Distribusi
Tujuan distribusi ialah menyalurkan barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan distribusi sanggup dilakukan melalui tiga bentuk, yaitu:
Resiprositas: Yaitu pertukaran barang dan jasa yang nilainya seimbang, meliputi:
#1. Kegiatan Produksi
Produksi ialah suatu perjuangan yang secara pribadi atau tidak pribadi menghasilkan barang dan jasa yang berkhasiat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Ada tiga sektor perjuangan produksi, yaitu:
Sektor primer: Suatu kegiatan yang pribadi bekerjasama dengan alam untuk menghasilkan bahan-bahan dasar. Sektor primer mencakup berburu dan meramu (hunting and gathering), bercocok tanam di ladang secara nomaden (shifing cultivations), bercocok tanam menetap di sawah, beternak secara berpindah-pindah (pastoral nomaden), perikanan (fishing), perkebunan, kehutanan, pertambangan bagi masyarakat yang sudah maju.
Sektor sekunder: Kegiatan mengolah materi dasar menjadi barang jadi atau setengah jadi.
Sektor tersier: Suatu kegiatan yang menghasilkan jasa-jasa yang berfungsi membantu, melayani, memperlancar, menyalurkan, dan menghubungkan.
#2. Kegiatan Distribusi
Tujuan distribusi ialah menyalurkan barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan distribusi sanggup dilakukan melalui tiga bentuk, yaitu:
Resiprositas: Yaitu pertukaran barang dan jasa yang nilainya seimbang, meliputi:
1. Resiprositasi umum, yaitu pemberi dan peserta barang menentukan nilai barang yang terlihat pada dikala penyerahan.
2. Resiprositasi berimbang, yaitu santunan dan peserta barang dengan niscaya nilai barang yang terlihat dikala penyerahan.
3. Mekanisme pemerataan (leveling mechanism), yaitu kewajiban sosial yang memaksa mendistribusikan barang-barangnya secara merata sehingga tidak terjadi kemungkinan seseorang untuk menumpuk kekayaan.
Redistribusi: Yaitu bentuk pertukaran barang-barang yang masuk ke suatu tempat, kemudian didistribusikan lagi. Tempat itu contohnya toko atau pasar.
Pertukaran pasar: Yaitu perpindahan dari pemilik yang satu ke pemilik yang lain sesuai dengan harga yang disepakati. Prinsip pasar melibatkan penentuan harga berdasarkan kekuatan penawaran dan permintaan.
#4. Kegiatan Konsumsi
Kegiatan ekonomi ialah kegiatan masyarakat dalam memakai, memanfaatkan atau menggunakan barang-barang dan aneka macam jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan demi kelangsungan hidupnya.
Nah itulah pembahasan Jenis-jenis Lembaga Sosial, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar dibawah.
2. Resiprositasi berimbang, yaitu santunan dan peserta barang dengan niscaya nilai barang yang terlihat dikala penyerahan.
3. Mekanisme pemerataan (leveling mechanism), yaitu kewajiban sosial yang memaksa mendistribusikan barang-barangnya secara merata sehingga tidak terjadi kemungkinan seseorang untuk menumpuk kekayaan.
Redistribusi: Yaitu bentuk pertukaran barang-barang yang masuk ke suatu tempat, kemudian didistribusikan lagi. Tempat itu contohnya toko atau pasar.
Pertukaran pasar: Yaitu perpindahan dari pemilik yang satu ke pemilik yang lain sesuai dengan harga yang disepakati. Prinsip pasar melibatkan penentuan harga berdasarkan kekuatan penawaran dan permintaan.
#4. Kegiatan Konsumsi
Kegiatan ekonomi ialah kegiatan masyarakat dalam memakai, memanfaatkan atau menggunakan barang-barang dan aneka macam jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan demi kelangsungan hidupnya.
Dalam masyarakat sederhana, semua kebutuhan sanggup dipenuhi oleh usahanya sendiri (shelf subsistence prduction), lantaran jumlah dan ragamnya masih sedikit.
Sementara masyarakat modern, hampir seluruh kebutuhan hidupnya diperoleh dari perdagangan dengan menggunakan alat berupa uang sebagai alat tukarnya.
Pada zaman dahulu sebelum ada uang, perdagangan dilakukan dengan sistem barter.
Ada tiga macam pertukaran barter:
- Barter dilingkungan keluarga, contohnya tukar barang materi pangan atau sering disebut pertukaran bingkisan (gift change).
- Barter dilakukan berdasarkan perjanjian pada daerah tertentu, ditempat ditaruh sejumlah barang yang akan ditukar. Pihak lain yang tertarik akan menukar barang tersebut dengan barang lain di daerah yang sama. Pertukaran semacam ini disebut silence trade.
- Barter yang diadakan pada kesempatan mengadakan upacara-upacara.
b. Karakteristik Lembaga Ekonomi
Dalam buku yang berjudul Economy anda Society, Max Weber mengemukakan beberapa karakteristik tindakan dalam forum ekonomi, yakni:
- Tindakan ekonomi ialah sosial.
- Tindakan ekonomi selalu melibatkan makna.
- Tindakan sosial selalu memperhatikan kekuasaan.
c. Fungsi Lembaga Sosial
Dalam masyarakat yang semakin modern, secara umum forum ekonomi berfungsi sebagai:
- Produksi barang dan jasa dalam masyarakat.
- Penyaluran barang dan jasa dalam masyarakat.
- Pemanfaatan nilai kegunaan barang dan jasa dalam masyarakat.
- Melaksanakan acara pembiayaan.
- Memungkinkan peningkatan taraf hidup, serta kesejahteraan anggota masyarakat.
- Mengatur aneka macam acara ekonomi dan persaingan dalam masyarakat.
5. Lembaga Politik
a. Pengertian Pranata Politik
Pengertian pranata politik berdasarkan para hebat ialah sebagai berikut.
#1. J.W. Schoerl, Pranata politik ialah peraturan-peraturan untuk memelihara tata tertib, untuk mendamaikan kontradiksi dan untuk menentukan pemimpin yang berwibawa.
#2. Kamanto Soenarto, Pranata politik merupakan perangkat norma atau status yang mengkhususkan diri pada pelaksanaan kekuasaan dan wewenang.
#2. Kamanto Soenarto, Pranata politik merupakan perangkat norma atau status yang mengkhususkan diri pada pelaksanaan kekuasaan dan wewenang.
b. Perkembangan Pranata Politik
Perkembangan pranata politik ini (asal-usul lahirnya forum politik atau pemerintah) tidak ditemukan secara terang dalam sejarah. Perkembangan ini sepertinya sejalan dengan pertumbuhan kompleksitas budaya, dari kepala keluarga ke dewan suku, selanjutnya ke kepala suku.
Perkembangan forum pemerintahan ini sejalan dengan perkembangan forum ekonomi. Aktivitas ekonomi akan terganggu apabila tidak ada lembaga-lembaga politik yang mengatur tertib sosial. Perkembangan perdagangan dan ekonomi membuat kebutuhan akan pemerintahan (Horton dan Hunt).
c. Bentuk-Bentuk Pemerintahan
#1. Negara Absolut
Seluruh kekuasaan negara di tangan raja sehingga segala hal yang berkaitan dengan masalah negara sangat bergantung pada keputusan raja. Itulah sebabnya Louis XIV pernah menyampaikan " Sayalah Negara".
Maksud pernyataan itu ialah bahwa rajalah hukum, pembuat undang-undang, pengadilan, hakim, yang memenjarakan orang, dan pelaksana keputusan pengadilan.
#2. Negara Monarkhi Parlementer
Kekuasaan raja dibatasi oleh undang-undang negara yang dibentuk oleh suatu dewan perwakilan rakyat. Dengan demikian, tindakan raja tidak bisa semaunya sendiri.
Seluruh kekuasaan negara di tangan raja sehingga segala hal yang berkaitan dengan masalah negara sangat bergantung pada keputusan raja. Itulah sebabnya Louis XIV pernah menyampaikan " Sayalah Negara".
Maksud pernyataan itu ialah bahwa rajalah hukum, pembuat undang-undang, pengadilan, hakim, yang memenjarakan orang, dan pelaksana keputusan pengadilan.
#2. Negara Monarkhi Parlementer
Kekuasaan raja dibatasi oleh undang-undang negara yang dibentuk oleh suatu dewan perwakilan rakyat. Dengan demikian, tindakan raja tidak bisa semaunya sendiri.
#3. Negara Demokrasi
Prinsipnya ialah negara berasal dari rakyat, diperintah oleh rakyat (melalui perwakilan), dan untuk rakyat. Di sini kekuasaan negara terbagi menjadi 3 kelompok yang terpisah dan tidak saling mempengaruhi, yaitu kekuasaan legislatif (pembuat undang-undang), direktur (menjalankan pemerintahan sesuai undang-undang), yudikatif (mengadili para pelanggar undang-undang). Tokoh teori ini ialah Montesquieu.
Prinsipnya ialah negara berasal dari rakyat, diperintah oleh rakyat (melalui perwakilan), dan untuk rakyat. Di sini kekuasaan negara terbagi menjadi 3 kelompok yang terpisah dan tidak saling mempengaruhi, yaitu kekuasaan legislatif (pembuat undang-undang), direktur (menjalankan pemerintahan sesuai undang-undang), yudikatif (mengadili para pelanggar undang-undang). Tokoh teori ini ialah Montesquieu.
d. Proses Pembentukan Pranata Politik
Pembentukan pranata politik ini sanggup dipercepat dengan cara-cara menyerupai berikut.
- Mengadakan proyek-proyek pembangunan sesuai dengan harapan masyarakat.
- Menanamkan nilai-nilai dasar dan aturan dasar, nilai, norma atau sejarah lewat sekolah.
- Pembentukan tentara nasional untuk menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan ketertiban masyarakat.
- Mengadakan upacara-upacara bendera.
e. Karakteristik Pranata Politik
Lembaga politik merupakan forum yang menangani manajemen dan tata tertib demi tercapainya keamanan serta ketenteraman dalam masyarakat. Lembaga politik mempunyai sejumlah karakteristik, yaitu:
- Adanya suatu komunitas insan yang secara sosial bersatu (hidup bersama) atas dasar nilai-nilai yang disepakati bersama.
- Adanya asosiasi politik atau bisa disebut pemerintah yang aktif.
- Asosiasi tersebut diberi kewenangan yang luas jangkauannya hanya dalam wilayah atau teritorial tertentu saja.
f. Fungsi Lembaga Politik
- Melembagakan norma melalui undang-undang yang disampaikan oleh badan-badan legislatif.
- Melaksanakan undang-undang yang telah disetujui.
- Menyelesaikan konflik-konflik yang terjadi di antara warga masyarakat.
- Menyelenggarakan pelayanan-pelayanan menyerupai kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.
- Melindungi warga masyarakat atau warga negara dari serangan bangsa lain.
- Memelihara kesiapsiagaan atau kewaspadaan menghadapi bahaya
Nah itulah pembahasan Jenis-jenis Lembaga Sosial, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar dibawah.
Belum ada Komentar untuk "√ Klarifikasi Lengkap Perihal 5 Jenis Forum Sosial"
Posting Komentar