√ 3 Jenis Penjabaran Musibah Menurut Penyebabnya

Bencana alam yaitu peristiwa yang diakibatkan oleh tanda-tanda alam bukan lantaran faktor manusia. Sebenarnya tanda-tanda alam mempunyai tanda-tanda yang sangat alamiah dan biasa terjadi pada bumi. Namun, hanya saat tanda-tanda alam tersebut melanda insan (nyawa) dan banyak sekali produk budidayanya (kepemilikian, harta dan benda) kita gres sanggup menyebutkan bencana.

Bencana alam yaitu peristiwa yang diakibatkan oleh tanda-tanda alam bukan lantaran faktor insan √ 3 Jenis Klasifikasi Bencana Alam menurut Penyebabnya

Bencana alam menurut penyebabnya dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Bencana Alam Geologis

Bencana ini disebabkan oleh gaya-gaya yang berasal dari kepingan dalam bumi atau gaya endogen. Yang termasuk dalam musibah geologis yaitu gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami.

2. Bencana Alam Klimatologis

Bencana alam klimatologis merupakan peristiwa yang penyebabnya yaitu angin dan hujan. Contohnya yaitu banjir, badai, banjir bandang, angin ribut, kekeringan, dan kebakaran alami hutan tetapi bukan disebabkan oleh manusia.

Gerakan tanah (longsor) termasuk juga peristiwa alam, walaupun pemicu utamanya yaitu faktor klimatologis (hujan), tetapi tanda-tanda awalnya dimulai dari kondisi geologis (jenis dan karakteristik tanah serta batuan dan sebagainya).

3. Bencana Alam Ekstra-Terestrial

musibah ekstra terestial yaitu musibah yang terjadi di luar angkasa, rujukan hantaman impact meteor,. Bila hantaman benda-benda langit mengenai permukaan bumi maka akan menimbulkan musibah yang luar biasa bagi seluruh penghuni bumi.



Gejala alam yang sanggup menimbulkan musibah sebagian besar mempunyai karakteristik umum, tanda-tanda awal, tanda-tanda utama, dan tanda-tanda akhir. Nah kalau kita sanggup mengetahui dengan akurat tanda-tanda alam suatu peristiwa alam, kemungkinan besar kita sanggup mengurangi tanggapan yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut.

Demikian artikel tentang 3 Jenis Klasifikasi Bencana Alam menurut Penyebabnya ini, biar artikel ini sanggup bermanfaat bagi semua orang.

Belum ada Komentar untuk "√ 3 Jenis Penjabaran Musibah Menurut Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel