√ Proses Berguru Guru Dalam Organisasi Sekolah

Sekolah yaitu sebuah organisasi yang terdri dari orang yang mengurus atau mengelola dan atau di kelola. Sekolah dalam abad privatisasi pendidikan sering juga di samakan dengan perusahaan dengan kepala sekolah sebagai managernya. Dalam sebuah organisasi, contohnya sekolah, di sadari atau tidak, ada sebuah siklus yang terbentuk melalui proses yang panjang. Siklus itu berupa antisipasi terhadap permasalahan yang muncul di sekolah dan kepekaan terhadap problem atau error yang terjadi dalam proses pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah.

Chris Argyris dan Schon, dua andal proses mencar ilmu dan teori agresi dalam organisasi mencetuskan konsep gres di tahun 1978, yaitu dalam sebuah organisasi, anggota organisasi harus mempunyai kemampuan mendeteksi dan memperbaiki masalh yang muncul (detection and correction the error). Melalui proses ini, setiap pelaku organisasi dan akan memetakan sebuah siklus mencar ilmu yang tertanam dengan baik dalam dirinya. Kedua andal tersebut menyebut siklus mencar ilmu ini sebagai single loop and double loop learning.

Dalam proses mencar ilmu single loop, seorang pelaku organisasi hanya menjalankan semua prinsip/norma dan guidance (governing variable) melalui sebuah agresi (action strategy) yang pada hasilnya akan menghasilkan sebuah imbas (consequence), tanpa mempertanyakan atau mengkritis hal yang sudah di tetapkan. Sementara double loop yaitu siklus mencar ilmu yang memungkinkan pelaku organisasi untuk tidak sekedar melakukan tetapi juga mempertanyakan prinsip/kebijakan/norma yang ada. Dengan siklus ini norma/misi dan visi sebuah organisasi sanggup di ubah alasannya kekritisan pelaku organisasi.

Sekolah yaitu sebuah organisasi yang terdri dari orang yang mengurus atau mengelola dan a √ Proses Belajar Guru dalam Organisasi Sekolah
Gambar denah proses mencar ilmu bagi pelaku organisas

Proses mencar ilmu dalam organisasi secara double loop sudah di terima secara luas sebuah metode yang lebih baik dalam kemajuan sebuah organisasi.

Belum ada Komentar untuk "√ Proses Berguru Guru Dalam Organisasi Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel