√ Pertempuran Lima Hari Di Semarang Dan Surabaya

Halo teman-teman kali ini aku akan menjelaskan perihal Sejarah mengenai Perjuangan dalam perjuangan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia ialah pertempuran lima hari di Serang lalu di susul dengan pertempuran di Surabaya.

Semoga ini sanggup membantu teman-teman sebagai materi untuk pembelajaran. Yuk Langsung saja simak dibawah ini.

teman kali ini aku akan menjelaskan perihal Sejarah mengenai Perjuangan dalam perjuangan mempe √ Pertempuran Lima Hari di Semarang dan Surabaya


Pertempuran Lima Hari di Semarang (15-20 Oktober 1945)

Peristiwa ini diawali dengan adanya desas-desus bahwa cadangan air minum didaerah Candi di racun oleh Jepang. Untuk mengambarkan kebenarannya, dr. Karyadi, Kepala Laboratorium Pusat Rumah Sakit Rakyat melaksanakan pemeriksaan.

Pada dikala melaksanakan pemeriksaan, ia ditembak oleh Jepang sehingga gugur. Dengan gugurnya dr. Karyadi, kemarahan rakyat khususnya cowok tidak sanggup dihindarkan dan terjadilah pertempuran yang menjadikan banyak korban jiwa.

Pertempuran Surabaya (10 November 1945)

Sekutu mendarat di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945 dengan pasukan Brigade 49 divisi 23 di bawah pimpinan Jendral Mallaby. Kedatangan Sekutu mengadakan serbuan terhadap penjara republik untuk membebaskan perwira-perwira Sekutu dan pegawai RAPWI (Relief of Allied Prisoners of War and Internees) yang ditawan pihak Indonesia.

Sebagai akhir dari tindakan sepihak Sekutu, tanggal 28 dan 19 Oktober 1945 pos-pos Sekutu diserbu oleh rakyat Surabaya. Hanya dalam waktu yang singkat pasukan Inggris nyaris hancur sehingga pimpinan militer Inggris meminta kepada presiden Soekarno untuk menghentikannya.

Akan tetapi sesudah Soekarno, Hatta, dan Amir Syarifuddin kembali ke Jakarta pertempuran meletus kembali. Dalam bencana di Gedung Internatio Jembatan Merah, Jendral Mallaby ditemukan tewas.

Pada tanggal 9 November 1945 , Panglima Sekutu untuk wilayah Jawa Timur Mayor Mansergh mengeluarkan ultimatum yang isinya "Bahwa semua pimpinan bangsa Indonesia harus menyerahkan senjata dengan membawa bendera merah putih dan mengangkat tangan sebagai tanda mengalah pada tempat-tempat yang ditentukan hingga batas waktu pukul 06.00 tanggal 10 November 1945". 

Rakyat Surabaya dibawah pimpinan Bung Tomo, Sungkono, dan Gubernur Suryo menolak ultimatum tersebut serta mulai berkemas-kemas menghadapi gempuran Sekutu. Pada tanggal 10 November 1945 Surabaya di gempur oleh pasukan Sekutu dari darat, laut, maupun udara.

Nah itulah pembahasan mengenai Pertempuran Lima Hari di Semarang dan Pertempuran di Surabaya dalam perjuangan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, agar artikel ini sanggup bermanfaat bagi semua orang dan sanggup membantu teman-teman mencar ilmu memahami.

Belum ada Komentar untuk "√ Pertempuran Lima Hari Di Semarang Dan Surabaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel