√ Prinsip-Prinsip Latihan Atlet

Fungsi utama dari latihan supaya badan bisa mengerahkan perjuangan yang minimal dalam mencapai prestasi yang maksimal. Kemauan insan untuk sanggup berprestasi ditentukan oleh adanya tenaga yang terdiri atas kemampuan dan kekuatan.

Kemampuan dan kekuatan insan itu tergantung pada usia, jenis kelamin, kemauan, talenta dan kesiapan diri dari atlet tersebut. Berikut prinsip-prinsi latihan atlet.

Fungsi utama dari latihan supaya badan bisa mengerahkan perjuangan yang minimal dalam mencapai p √ Prinsip-prinsip Latihan Atlet

1. Latihan yang Dilakukan Secara Berulang-ulang

Dengan pengulangan suatu gerakan, maka jadinya gerakan tersebut akan menjadi gerakan yang otomatis sehingga kita sanggup melaksanakan suatu gerakan dengan cepat dan memakai tenaga sehemat mungkin.

2. Latihan yang Diberikan Harus Cukup Berat

Dengan santunan beban latihan yang cukup berat akan merangsang badan untuk sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Pemerian beban latihan ini harus berpegang pada prinsip beban berlebihan/Overload Principle ialah melalui rangsangan/stimulasi maksimal atau hampir maksimal dengan latihan yang kian hari kian meningkat dan kiat bertambah berat maka perubahan-perubahan dalam badan akan sanggup tercapai.

Bila pengulangan latihan yang konstan dilakukan berulang kali diikuti dengan penambahan beban maka latihan tersebut tidak akan mencapai tujuannya meskipun jumlah pekerjaan yang dilakukan sama.

3. Latihan yang Diberikan Harus Cukup Meningkat

Pemberian beban latihan yang dilakukan secara sedikit demi sedikit yang kian meningkat akan memperlihatkan efektivitas kemampuan fisik kita.

Peningkatan beban latihan hendaknya diadaptasi dengan tingkat kemampuan atlet serta peningkatan latihan secara bertahap. Sebab apabila suatu latihan yang diberikan terlalu cepat dengan santunan beban latihan yang cepat pula maka akan menjadikan terjadinya kelainan-kelainan dalam tubuh.

Hal ini disebabkan lantaran badan belum bisa untuk mendapatkan pembebanan yang ditingkatkan secara sempurna sehingga menjadikan terjadinya gejala-gejala over trained.

Faktor-faktor terjadinya over trained:
(1). Latihan yang diberikan terlalu berat melebihi batas kelebihan atlet.
(2). Kesalahan dari metode latihan.
(3). Sebab-sebab kejiwaan yang sukar dijelaskan.

4. Latihan Harus Dilakukan Secara Teratur

Latihan yang dilakukan secara teratur dan kontinu akan membawa badan untuk menyesuaikan diri dengan alam sekitar secara teratur pula.

5. Kemampuan Berprestasi

Kemampuan berprestasi selain ditentukan oleh faktor latihan juga ditentukan oleh faktor usia, jenis kelamin, talenta dan kemampuan.

Perlu disadari bahwa prestasi yang akan dicapai seorang memiliki batas-batas kemampuan tertentu tetapi batas-batas kemampuan itu sangat relatif. Jika pada suatu ketika sehabis menjalankan latihan-latihan atlet merasa tidak ada kemajuan hendaknya menyadari bahwa prestasi yang dicapai sudah hampir mendekati puncaknya. 

Prestasi yang hampir mencapai puncak memang sangat lambat kemajuannya. Prinsip partisipasi aktif dan kesungguhan dalam menjalankan latihan secara periodik merupakan faktor penunjang keberhasilan seorang atlet.

Belum ada Komentar untuk "√ Prinsip-Prinsip Latihan Atlet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel