√ Konferensi Inter-Indonesia Dan Meja Lingkaran (Kmb)

Halo teman-teman kali ini saya akan menjelaskan tentang Konferensi Inter-Indonesia dan Meja Bundar (KMB) secara lengkap dan tepat, agar pembahasan ini sanggup membantu teman-teman sebagai materi untuk pembelajaran. Yuk Langsung saja simak dibawah ini.

teman kali ini saya akan menjelaskan ihwal √ Konferensi Inter-Indonesia dan Meja Bundar (KMB)

Konferensi Inter-Indonesia

Untuk menghadapi KMB, pemerintah RI perlu mengadakan persiapan-persiapan antara lain dengan mengadakan konferensi bersama dengan BFO untuk menyatukan pandangan dan pendapat dalam menghadapi persidangan di KMB kelak.

Konferensi Inter-Indonesia balasannya sanggup diwujudkan dan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama, dilaksanakan di Yogyakarta tanggal 19 - 22 Juli 1949, dengan mengambil keputusan penting antara lain.
  1. Pembentukan Negara Indonesia Serikat dengan nama RIS.
  2. Pembentukan Uni Indonesia-Belanda.
  3. APRIS ialah Angkatan Perang Nasional.

Tahap kedua, sidang antara RI-BFO dilangsungkan di Jakarta pada tanggal 30 Juli - 2 Agustus 1949. Persetujuan yang diambil antara lain bendera RIS ialah Sang Merah Putih, lagu kebangsaan ialah Indonesia Raya, dan bahasa nasional ialah bahasa Indonesia.

Konferensi Meja Bundar (KMB)

KMB diselenggarakan di Den Haag dari tanggal 23 Agustus hingga dengan 2 November 1949. Delegasi Indonesia diwakili oleh Moh. Hatta, sedangkan BFO diwakili oleh Sultan Hamid II. Hasil-hasil keputusan KMB sebagai berikut.
  1. Belanda mengakui keberadaan negara RIS sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.
  2. Masalah Irian Barat akan diselesaikan setahun lalu sehabis pengukuhan kedaulatan.
  3. Corak pemerintahan RIS akan diatur dengan konstitusi yang dibuat oleh para delegasi RI dan BFO selama KMB berlangsung.
  4. Akan dibuat Uni Indonesia-Belanda.
  5. RIS harus membayar utang-utang Hindia Belanda hingga waktu pengukuhan kedaulatan.

Nah itu lah pembahasan ihwal sejarah Konferensi Inter-Indonesia dan Konferensi Bundar (KMB), agar pembahasan ini sanggup menambah wawasan dan membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.

Belum ada Komentar untuk "√ Konferensi Inter-Indonesia Dan Meja Lingkaran (Kmb)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel