√ Pengertian, Unsur, Manfaat, Dan Macam-Macam Diskusi

Halo sob pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan perihal pengertian, unsur, manfaat, dan macam-macam diskusi, silahkan simak baik-baik klarifikasi lengkapnya dibawah ini semoga sobat bisa memahaminya dengan baik.

Halo sob pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan perihal pengertian √ Pengertian, Unsur, Manfaat, dan Macam-macam Diskusi


Pengertian Diskusi

Diskusi merupakan suatu aktivitas memecahkan kasus dengan jalan musyawarah untuk memperoleh kesamaan pendapat. Diskusi sanggup diartikan sebagai aktivitas memecahkan kasus atau bertukar pikiran secara lisan. Diskusi secara umum bertujuan mencari solusi atau penyelesaian suatu kasus secara teratur dan terarah.

Teratur dan terarah berarti semua unsur yang ada dalam diskusi berfungsi, baik peserta, pembicara, maupun moderator menjalankan tugasnya dengan baik, bertukar pikiran secara aktif dan santun untuk mencapai janji atau penyelesaian yang baik. Diskusi yang baik akan membawa manfaat yang baik pula.


Unsur-unsur Diskusi

Berikut ini unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah diskusi.
  1. Unsur manusia, yaitu adanya moderator atau pemimpin diskusi, penyaji, narasumber, pembicara, notulis, sekertaris, dan akseptor diskusi. Jika diskusi tidak dihadiri pembicara, orang yang bertugas membahas kasus yaitu moderator selaku pemimpin diskusi.
  2. Unsur materi, yaitu topik diskusi atau permasalahan dan tujuan atau sasaran.
  3. Unsur fasilitas, yaitu ruangan atau daerah dan perlengkapan, contohnya meja, kursi, papan tulis, dan kertas.

Manfaat Diskusi

Manfaat antara lain sebagai berikut:
  1. Membiasakan perilaku saling menghargai.
  2. Menanamkan perilaku demokrasi.
  3. Mengembangkan daya berfikir.
  4. Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman.
  5. Mengajukan proses kreatif dan analitis.
  6. Mengembangkan proses kreatif dan analitis.
  7. Melatih kemampuan dan keberanian berbicara.

Macam-macam Diskusi

Berikut yaitu macam-macam diskusi.

1. Diskusi Kelompok

Dalam diskusi ini perlu ada ketua atau moderator, notulis, dan beberapa akseptor yang sekaligus sebagai penyaji ataupun penyanggah. Penyaji tidak perlu memakai makalah atau kertas kerja. Pada final diskusi moderator memberikan hasil diskusi.

2.Diskusi Panel

Diskusi ini biasanya dipakai untuk memperluas wawasan mengenai sesuatu kasus yang sedang hangat. Diskusi ini melibatkan beberapa pakar dari disiplin ilmu atau profesi yang berbeda untuk bertindak sebagai panelis atau pembicara. Moderator bisa pribadi bertanya kepada panelis untuk menggali pandangan atau pendapat. Peserta diskusi diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi atau menyanggah pendapat para panelis. Pada final diskusi, moderator menyajikan pokok-pokok pikiran hasil diskusi.

3. Seminar

Bentuk diskusi ini dipakai untuk mencari janji atau kesamaan langkah atau pandangan dalam menghadapi problem yang sifatnya formal sehingga para pemrasaran menyiapkan kertas kerja atau makalah untuk disajikan. Para akseptor diskusi diberi kesempatan untuk menanggapi ataupun menyanggah makalah tersebut. Pada final diskusi moderator memberikan hasil pemikiran..

4. Simposium

Simposium yaitu diskusi yang diselenggarakan untuk membahas prasaran-prasaran mengenai suatu pokok problem atau masalah.

5. Lokakarya

Lokakarya yaitu diskusi atau pertemuan para andal (pakar) untuk membahas suatu kasus di bidangnya.

6. Kongres

Kongres yaitu pertemuan para wakil organisasi (politik, sosial, dan profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai suatu masalah.

7.Konferensi

Konferensi yaitu pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu kasus yang dihadapi bersama.


Mengambil Kesimpulan dalam Diskusi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tujuan diskusi yaitu untuk menghasilkan janji bersama atau pemecahan terhadap suatu masalah. Memberikan kesimpulan dalam diskusi merupakan kiprah moderator. Namun, untuk merumuskan kesimpulan, akseptor diskusi sanggup diikutsertakan semoga kesimpulan yang diambil lebih objektif dan valid.

Secara umum kesimpulan sanggup diambil melalui daypikir deduktif maupun induktif. Dalam diskusi, kesimpulan diambil menurut hal-hal berikut ini:
  1. Pendapat yang sanggup diterima oleh semua akseptor diskusi.
  2. Data-data dan fakta yang benar serta sanggup diterima kebenarannya oleh akseptor diskusi, silahkan baca artikel perihal membedakan fakta dan opini dalam laporan lisan.
  3. Segala pendapat atau gagasan yang sama dan sejalan.
  4. Voting atau mengambil bunyi terbanyak dari akseptor diskusi yang hadir.
  5. Simpulan diupayakan berupa rumusan yang inovatif, solusif, dan implementatif.




Pada blog materiku ini juga tersedia daerah diskusi untuk daerah teman-teman yang ingin bertanya seputar sekolah, pendidikan, dan perihal pembahasan-pembahasan lainnya dengan saling bertukar pendapat, kalau teman-teman ingin bergabung silahkan masuk ke Forum Diskusi.



Demikian artikel perihal pengertian, unsur, manfaat, dan macam-macam diskusi ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian, Unsur, Manfaat, Dan Macam-Macam Diskusi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel