√ Pengertian Dan Tujuan Lengkap Perundingan Dalam Bisnis

Halo sob kali ini aku akan menyebarkan pengetahuan dalam berbisnis salah satunya ialah negosiasi, perundingan sangat lah penting dalam berbisnis oleh alasannya itu kalau teman ingin berbisnis alangkah baiknya memahami apa itu negosiasi, apa tujuannya, dll. Penjelasan lengkapnya silahkan simak dibawah ini !!!

Halo sob kali ini aku akan menyebarkan pengetahuan dalam berbisnis salah satunya ialah negos √ Pengertian dan Tujuan Lengkap Negosiasi dalam Bisnis

Pengertian Negosiasi

Apa sih perundingan itu? Negosiasi yaitu proses tawar menawar dengan cara perundingan untuk memberi atau mendapatkan semoga mendapatkan kesepakatan bersama mengenai suatu hal yang menjadi kepentingan bagi masing-masing pihak, baik perorangan maupun kelompok atau organisasi. Jika disimpulkan secara ringkas perundingan ialah perundingan antara dua pihak yang berkepentingan.


Tujuan Negosiasi

Ada beberapa tujuan dari sebuah perundingan dalam bisnis, yaitu sebagai berikut.
  1. Untuk mendapatkan kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian, dan persetujuan.
  2. Untuk mendapatkan jalan keluar dari dilema yang dihadapi bersama.
  3. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan di mana masing-masing pihak merasa menang (win-win solution).


Manfaat Negosiasi

Tidak hanya mempunyai tujuan, perundingan juga mempunyai manfaat. Manfaat yang diperoleh dari sebuah proses perundingan di dalam pengertian bisnis resmi antara lain sebagai berikut.
  1. Untuk mendapatkan atau membuat jalinan kerjasama antarbadan perjuangan atau institusi ataupun perorangan untuk melaksanakan suatu acara atau perjuangan bersama atas dasar saling pengertian. Dengan terjalinnya kolaborasi antar kedua belah pihak inilah, maka tercipta sebuah transaksi bisnis yang sling terkait sehingga membuat hidup perekonomian. Dengan kata lain bahwa suatu proses perundingan bisnis merupakan bab dari suatu proses interaksi guna menghidupkan perekonomian dalam skala yang lebih luas.
  2. Dalam sebuah perusahaan, sebuah proses perundingan akan memperlihatkan manfaat untuk menjalin hubungan bisnis yang lebih luas dan juga untuk mengembangkan pasar yang dibutuhkan semoga bisa meningkatkan penjualan. Proses perundingan bisnis juga akan menghasilkan harga yang lebih baik dan efisien yang memperlihatkan laba lebih.


Alasan Terjadinya Negosiasi

Berikut ini ialah beberapa alasan terjadinya negosiasi.
  1. Ada pihak yang berkepentingan.
  2. Ada suatu dilema yang dirundingkan.
  3. Ada impian untuk mencapai kesepakatan dalam membagi hak atau kewajiban.
  4. Ada upaya menjaga kehormatan masing-masing pihak.


Strategi Negosiasi

Ada 3 seni administrasi dalam sebuah perundingan yaitu sebagai berikut.

1. Win-Win Strategy (Strategi Menang-Menang)

Pihak yang dilibatkan dalam perundingan akan berupaya untuk membuat suasana yang berkesan dan tidak ada pihak yang dirugikan dengan mengetengahkan laba yang paling optimal bagi pihak yang berunding secara jujur dan adil.

2. Win-Lose Strategy (Strategi Menang-Kalah)

Strategi perundingan untuk memperoleh kemenangan mutlak dengan mengalahkan pihak lawan. Strategi ini hanya sanggup merampungkan dilema sekali saja. Bagi pihak yang menang menganggap perundingan yang dihadapi telah selesai. Pihak yang kalah merasa selalu dirugikan sehingga kemungkinan pihak lawan tidak mau lagi menjalin kemitraan. Penggunaan seni administrasi ini tidak dianjurkan alasannya tidak merampungkan masalah, tetapi justru menjadikan dilema yang berkepanjangan.

3. Lose-Lose Strategi (Strategi Kalah-Kalah)

Strategi ini ialah seni administrasi yang tidak memakai menggunakan nalar sehat. Untuk mendapatkan kepuasan tersendiri, masing-masing pihak cenderung melaksanakan tindakan merugikan pihak yang terlibat sehingga semua merasa kalah. Strategi kalah-kalah tidak sanggup dipakai untuk mencapai kesepakatan, tetapi penggunaan seni administrasi ini justru akan menambah masalah. Untuk itu, dalam bernegosiasi hendaknya menghindari penggunaan seni administrasi kalah-kalah ini alasannya sanggup merugikan kedua belah pihak.


Persyaratan Seorang Negosiator

Negosiator yaitu seseorang yang ditunjuk untuk melaksanakan negosiasi. Persyaratannya ialah sebagai berikut.
  1. Mempunyai wawasan yang luas dalam bidang yang akan dirundingkan.
  2. Mempunyai kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi.
  3. Mempunyai kemampuan mengungkapkan dan mengekspresikan substansi permasalahan.
  4. Mempercayai akidah yang kuat.
  5. Selalu berfikir positif.
  6. Pandai mengendalikan emosi.
  7. Sikap dan penampilan yang baik.


Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, contohnya ingkar salah satu pihak terhadap kesepakatan, maka ada baiknya hasil perundingan dibentuk secara tertulis dalam bentuk nota kesepakatan (Memorandum of Understanding) atau dalam bentuk surat perjanjian (Letter of Agreement)

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Dan Tujuan Lengkap Perundingan Dalam Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel