√ Inilah Faktor Penyebab Timbulnya Masyarakat Multikultural Di Indonesia

Faktor-faktor yang sangat menghipnotis keberadaan masyarakat Indonesia sebagai masyarakat beragam yakni faktor geografi, pemberdayaan maritim dan kedatangan penjajah di Indonesia sehingga terjadi keanekaragaman ras, bangsa, agama, bahasa, dan unsur etnis. Bangsa yang multi etnik ibarat Indonesia tidak terbentuk dalam waktu singkat tetap melalui suatu proses panjang dan melalui banyak sekali peristiwa.

faktor yang sangat menghipnotis keberadaan masyarakat Indonesia sebagai masyarakat beragam √ Inilah Faktor Penyebab Timbulnya Masyarakat Multikultural di Indonesia

Tiga faktor utama yang mendorong terbentuknya masyarakat Indonesia yang multikultural adalah:

1. Latar Belakang Historis

Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan yang kini termasuk wilayah negara Vietnam dan selanjutnya mengadakan perpindahan kepulau-pulau di Nusantara. Sebelum tiba di kepulauan Nusantara mereka telah berhenti di banyak sekali tempat dan menetap dalam jangka waktu yang usang bahkan mungkin sampai beberapa generasi.

Selama bermukim di tempat-tempat tersebut, pengalaman, dan keterampilan sudah mereka miliki sebelum melaksanakan perjalanan kembali. Misalnya keterampilan menciptakan bahtera dan mengenal pengetahuan kelautan atau navigasi sederhana, untuk menempuh jalur maritim biar sanggup tiba di daerah yang baru.

Perbedaan jalur perjalanan, proses pembiasaan di banyak sekali tempat persinggahan dan perbedaan pengalaman serta pengetahuan itulah yang menimbulkan timbulnya perbedaan suku bangsa dengan budaya yang beraneka ragam di Indonesia.


2. Kondisi Geografis

Indonesia yakni negara yang terdiri atas pulau-pulau yang satu sama lain dihubungkan oleh maritim yang pulau-pulau itu menunjukkan relief yang beraneka ragam. Perbedaan lainnya menyangkut curah hujan, suhu, dan kelembapan udara, jenis tanah, tata air, tanaman dan fauna yang berkembang di dalamnya.

Perbedaan kondisi geografis tersebut telah melahirkan banyak sekali suku bangsa terutama yang berkaitan dengan pola aktivitas ekonomi mereka dan perwujudan kebudayaan yang dihasilkan untuk mendukung aktivitas ekonomi tersebut, contohnya nelayan, pertanian, kehutanan, perdagangan.

Relief yang tajam dipisahkan oleh maritim dan selat menimbulkan terisolasinya kelompok masyarakat yang telah mencapai suatu tempat. Akibatnya mereka akan menyebarkan corak kebudayaan yang khas dan cocok dengan lingkungan geografis mereka.

Lingkungan geografis tidak memilih kehidupan insan tetapi menunjukkan corak kebudayaannya. Misalnya di daerah pertanian yang subur akan berkembang corak kebudayaan masyarakat agraris, di tempat pantai akan terbentuk corak kebudayaan masyarakat nelayan.


3. Keterbukaan Terhadap Budaya Luar

Bangsa Indonesia yakni teladan bangsa yang terbuka. Hal ini sanggup dilihat besarnya imbas absurd dalam membentuk keanekaragaman masyarakat diseluruh wilayah Indonesia. Pengaruh absurd pertama yang mewarnai sejarah kebudayaan Indonesia yakni saat orang-orang India, Cina, dan Arab mendatangi wilayah Indonesia dan disusul dengan kedatangan bangsa Eropa. Bangsa tersebut sanggup membawa kebudayaan yang beragam.

Daerah yang relatif terbuka terutama daerah pantai cepat mengalami perubahan, dengan semakin baiknya sarana dan prasarana transportasi, hubungan antarkelompok masyarakat semakin intensif dan makin sering pula melaksanakan pembauran. Sedangkan daerah yang terletak jauh dari pantai pada umumnya hanya terpengaruh sedikit sehingga berkembang corak kebudayaan yang khas pula.



Demikian artikel mengenai faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural di Indonesia ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi semua orang.

Belum ada Komentar untuk "√ Inilah Faktor Penyebab Timbulnya Masyarakat Multikultural Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel