√ Macam-Macam Transaksi Pada Perusahaan Dagang

Halo teman-teman kali ini saya akan membagikan artikel mengenai Transaksi Pada Perusahaan Dagang dan akan saya jelaskan satu persatu secara lengkap, biar teman-teman sanggup dengan gampang memahami pembahasan ini. yuk eksklusif saja kita bahas.

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang usahanya bergerak dibidang jual beri barang dagangan. Secara Sistematis acara operasional yang terjadi dalam perusahaan dagang adalah sebagai berikut.

teman kali ini saya akan membagikan artikel mengenai Transaksi Pada Perusahaan Dagang dan  √ Macam-macam Transaksi Pada Perusahaan Dagang

1. Pembelian Barang Dagang

Transaksi pembelian hanya mencakup pembelian barang dagangan, adalah barang yang akan dijual kembali kepada pelanggan. Bukti transaksi pembelian secara kredit berupa faktur.
Dalam Melakukan transaksi pembelian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

a. Beban Angkut Pembelian

Beban angkut pembelian akan menambah nilai pembelian. Pencatatan pengeluaran untuk beban angkut tergantung pada syarat penyerahan barang yang telah disepakati. Syarat penyerahan barang yang biasa digunakan, diantaranya FOB Shipping Point dan FOB Destination Point.

Free On Board Shipping Point/FOB Shipping Point
Artinya pihak pembeli menanggung biaya angkut pengiriman barang dari gudang penjual hingga ke gudang pembeli.

Free On Board Destination Point/FOB Destination Point
Artinya pihak penjual menanggung beban angkut pengiriman barang dari gudang penjual hingga ke gudang pembeli.

b. Potongan Tunai Pembelian

Potongan Tunai pembelian akan mengurangi jumlah pembelian. Perusahaan akan mendapatkan kepingan tunai pembelian pada dikala membeli barang dagangan atau membayar utang dagang sesuai dengan syarat pembayaran yang telah disepakati.

Misalnya, syarat pembayarannya 3/10, n/60. Angka 3 memperlihatkan besarnya kepingan (dalam persen), 10 menandakan lamanya waktu pembayaran yang mendapatkan kepingan semenjak tanggal terjadinya transaksi, dan n/60 memperlihatkan jangka waktu pelunasan.

Dengan demikian, syarat 3/10, n/60 berarti akan mendapatkan kepingan sebesar 3%, bila pembayaran dilakukan dalam jangka waktu 10 hari atau kurang dari 10 hari semenjak terjadinya transaksi dan jangka waktu pelunasan 60 hari.

c. Retur Pembelian dan Pengurangan Harga

Retur pembelian dan pengurangan harga akan mengurangi nilai pembelian barang dagang. Transaksi retur pembelian dan pengurangan harga terjadi pada dikala barang yang dipesan tidak sesuai dengan pesanan.

Jika ada barang yang tidak sesuai dengan pesanan mengembalikan barang tersebut kepada penjual. Selanjutnya, transaksi tersebut dicatat dalam akun retur pembelian dan pengurangan harga.

2. Pengeluaran Kas

Jika waktu pembayaran sudah jatuh tempo, perusahaan harus mengeluarkan sejumlah kas untuk melunasi utang tersebut. Selain itu, perusahaan juga akan mengeluarkan sejumlah kas untuk membeli barang dagangan dan membeli barang atau jasa lain secara tunai.

3. Penjualan Barang Dagang

Transaksi Penjualan hanya mencakup penjualan barang dagangan. Transaksi penjualan ini dipengaruhi oleh hal-hal berikut :

a. Potongan Tunai Penjualan

Potongan Tunai Penjualan akan mengurangi jumlah penjualan. Perusahaan akan menawarkan kepingan tunai penjualan pada dikala menjual barang dagang secara tunai dengan syarat-syarat tertentu atau mendapatkan pelunasan piutang dagang sesuai dengan syarat pembayaran yang telah disepakati.

b. Retur Penjualan dan Pengurangan Harga

Retur penjualan dan pengurangan harga akan mengurangi nilai penjualan. Pengiriman barang dagangan tidak selamanya berjalan dengan baik. Barang dagangan sanggup saja mengalami kerusakan dalam perjalanan atau tidak sesuai dengan yang dipesan, sehingga mungkin saja pembeli mengembalikan barang yang rusak tersebut dan perusahaan harus menerimanya.

4. Penerimaan Kas

Perusahaan akan mendapatkan sejumlah kas pada dikala pelanggan membayar utang nya kepada perusahaan dan menjual barang dagangan atau barang lainnya secara tunai. Perusahaan juga akan mendapatkan kas dari acara lain diluar perjuangan pokok perusahaan. Misalnya, Penerimaan Kas dari pendapatan bunga.

Nah itu lah pembahasan mengenai transaksi perusahaan dagang, semoga pembahasan ini sanggup membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran. Jangan lupa bagikan artikel ini biar teman-teman yang lain sanggup berguru gotong royong mengenai Transaksi Pada Perusahaan Dagang.

Belum ada Komentar untuk "√ Macam-Macam Transaksi Pada Perusahaan Dagang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel