√ Pengertian Dan Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Kehidupan insan tidak sanggup dipisahkan dari lingkungan hidup. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Kita bernafas memerlukan udara dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan, di dalam lingkungan hidup juga terdapat unsur-unsur lingkungan hidup yang saling berkaitan satu sama lain.

Kehidupan insan tidak sanggup dipisahkan dari lingkungan hidup √ Pengertian dan Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup yaitu segala sesuatu yang ada di sekitar insan yang memengaruhi perkembangan kehidupan insan baik secara pribadi maupun tidak langsung. Lingkungan sanggup dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik.

Jika kalian berada di sekolah, lingkungan biotiknya berupa teman-teman sekolah, bapak ibu guru serta karyawan, dan semua orang yang ada di sekolah, juga banyak sekali jenis tumbuhan yang ada di kebun sekolah serta hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Adapun lingkungan abiotik berupa udara, meja, kursi, papan tulis, gedung sekolah, dan banyak sekali macam benda mati yang ada di sekitar.

Seringkali lingkungan yang terdiri dari sesama insan disebut juga sebagai lingkungan sosial. Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulan yang besar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang.

Lingkungan alam berdasarkan kamus berarti keadaan sekitar yang memengaruhi perkembangan dan tingkah laris segala jenis makhluk hidup, ibarat manusia, hewan, dan tumbuhan.

Secara khusus, kita sering memakai istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang besar lengan berkuasa terhadap kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup di bumi.

Berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup yaitu kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya insan dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan insan serta makhluk hidup lainnya.


Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

1. Unsur Hayati (Biotik)

Unsur hayati atau biotik yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, ibarat manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik. Jika teman-teman berada di kebun sekolah, maka lingkungan hayatinya didominasi oleh tumbuhan. Tetapi jikalau berada di dalam kelas, maka lingkungan hayati yang lebih banyak didominasi yaitu teman-teman atau sesama manusia.

2. Unsur Sosial Budaya

Unsur sosial budaya yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibentuk insan yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan dogma dalam sikap sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakat sanggup mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dan norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat.

3. Unsur Fisik (Abiotik)

Unsur fisik atau abiotik yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, ibarat tanah, air, udara, iklim, dan lain-lain. Keberadaan lingkungan fisik sangat besar peranannya bagi kelangsungan kehidupan makhluk di bumi. 

Bayangkan, apa yang terjadi jikalau air tidak ada lagi di muka bumi atau udara dipenuhi dengan asap? Tentu saja kehidupan di muka bumi tidak akan berlangsung secara wajar. Akan terjadi peristiwa kekeringan, banyak binatang dan tumbuhan mati, perubahan demam isu yang tidak teratur, munculnya banyak sekali penyakit, dan lain sebagainya.



Oleh alasannya itu kita harus selalu menjaga lingkungan hidup disekitar kita, semoga tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Semoga artikel Pengertian dan Unsur-Unsur Lingkungan Hidup ini sanggup bermanfaat bagi semua orang.

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Dan Unsur-Unsur Lingkungan Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel