√ 16 Macam Kelainan Dan Penyakit Pada Sistem Pernapasan

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan sanggup disebabkan oleh banyak faktor, ibarat kelainan pada kanal pernapasan, kuman atau infeksi bakteri, polusi udara, atau faktor keturunan. Oleh lantaran itu kita harus selalu menjaga kesehatan dalam kondisi apapun dan menjaga referensi makan, sehingga penyakit-penyakit yang berbahaya tersebut tidak sanggup menyerang badan kita. Berikut ini beberapa Kelainan dan Penyakit yang menyerang alat pernapasan.

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan sanggup disebabkan oleh banyak faktor √ 16 Macam Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan


Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan


1. Asfiksi, adalah gangguan pernapasan pada ketika pengangkutan dan penggunaan oksigen oleh jaringan dan sel-sel.

2. Asidosis, adalah gangguan pernapasan yang disebabkan adanya kelebihan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat di dalam darah.

3. Asma, adalah suatu penyakit lantaran adanya penyempitan kanal pernapasan utama pada paru-paru. Asma merupakan penyakit keturunan dan tidak menular. Penyebabnya lantaran alergi terhadap cuaca dingin, debu, bulu atau rambut, dan sebagainya.

4. Difteri, adalah penyakit pada kanal pernapasan lantaran adanya penyumbatan lendir, baik pada rongga faring maupun laring oleh bakteri.

5. Tuberkulosis (TBC), adalah penyakit yang menyerang paru-paru sehingga pada potongan dalam alveolus timbul bintik-bintik kecil lantaran infeksi basil Mycobacterium tuberculosis.

6. Influenza (flu), adalah gangguan pada kanal pernapasan lantaran adanya infeksi virus.

7. Emfisema, adalah penyakit pembengkakan paru-paru lantaran pembuluh darahnya kemasukan udara.

8. Pneumonia, adalah peradangan pada dinding alveolus lantaran adanya infeksi basil Diplococcus Pneumoniae.

9. Bronkitis, adalah peradangan pada lapisan dinding bronkus lantaran infeksi oleh virus.

10. Sinusitis, adalah peradangan pada sebelah atas rongga hidung (sinus paranasalis).

11. Rinitis, adalah peradangan pada selaput lendir hidung.

12. Pleuritis, adalah peradangan pada pleura (selaput pembungkus paru-paru) lantaran adanya infeksi dari paru-paru atau organ lain yang letaknya berdekatan dengan paru-paru, sehingga menyebabkan berlebihannya cairan pada pleura.

13. Laringitis, adalah radang pada laring yang disebabkan oleh infeksi mikroorganisme, sering menyebabkan bunyi parau.

14. Faringitis, adalah infeksi pada faring oleh basil dan virus, dengan tanda-tanda kerongkongan terasa sakit ketika menelan makanan.

15. Tonsilitis, adalah radang lantaran infeksi oleh basil tertentu pada tonsil.

16. Kanker paru-paru, adalah penyakit lantaran adanya tumor ganas yang terbentuk di dalam epitel bronkiolus, kanker paru-paru dipicu oleh polusi udara.


Demikian artikel tentang Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan, supaya artikel ini sanggup bermanfaat bagi semua orang.

Belum ada Komentar untuk "√ 16 Macam Kelainan Dan Penyakit Pada Sistem Pernapasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel