√ Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh Dan Pentingnya Pelayanan Prima

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas wacana pelayanan prima dalam pengelolaan perjuangan pada aspek pemasaran, pelayanan memang sangat dibutuhkan semoga pembeli merasa nyaman selain itu pelayanan juga sanggup mengatakan nilai plus bagi penjual tersebut kalau pelayanan tersebut baik dan bermanfaat untuk pembeli, untuk lebih lengkap nya silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas wacana pelayanan prima dalam pengelolaan usah √ Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima

Pengertian Pelayanan Prima

Pelayanan prima yaitu pelayanan yang sangat baik kepada pelanggan sehingga sanggup menimbulkan rasa puas pelanggan. Untuk menunjang pelaksanaan pelayanan prima telah di kembangkan konsep Total Quality  Management (TQM), yaitu sistem administrasi yang menyangkut semua administrasi dan pegawai untuk memperbaiki kualitas serta kuantitas organisasi semoga kebutuhan, keinginan, dan impian pelanggan terpenuhi.


Konsep Pengembangan Pelayanan Prima

1. Konsep Attitude (Sikap)

Calon pembeli selalu mengharapkan sikap dan sikap yang baik dan menyenangkan dari pramuniaga semoga kepuasan pembeli sanggup terpenuhi, serta kemungkinan besar pengalamannya disampaikan pada pihak lain yang balasannya menjadi promosi gratis bagi perusahaan.

Pelayanan menurut sikap ini terdiri dari...
  1. Penampilan harmonis (cara berhias, cara berbusana, dan raut muka).
  2. Berpikir positif (tidak mencari kesalahan pembeli, tidak apriori, dan melayani dengan hormat).
  3. Sikap menghargai (tutur bahasa baik, sikap sopan santun, mendengar saran dan mencatat pesanan, serta memenuhi kebutuhan dengan konsisten).

2. Konsep Attention (Perhatian)

Untuk mendapat keinginan calon pembeli, penjual sanggup memperlihatkan perhatian dengan cara berkomunikasi yang menarik. Bentuk perhatian pelayanan ini yaitu...
  1. Mendengar dan memahami kebutuhan pelanggan.
  2. memperhatikan sikap pelanggan.
  3. Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan.

3. Konsep Action (Kegiatan)

Dalam menghadapi pembeli tidak hanya menurut sikap dan perhatian saja, tetapi harus diikuti tindakan. Bentuk pelayanan ini yaitu...
  1. Mencatat pesanan pelanggan.
  2. Mencari kebutuhan.
  3. Penegasan kembali pesanan.
  4. Mewujudkan kebutuhan pelanggan.
  5. Menyatakan terimakasih dengan impian kembali membeli lagi.

Jenis-jenis Pelayanan Prima

Pelayanan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu...

1. Core Service

Core Service yaitu pelayanan yang ditawarkan kepada pelanggan yang merupakan produk utamanya, contohnya untuk hotel yaitu penyediaan kamar.

2. Facilitating Service

Facilitating Service yaitu kemudahan pelayanan plus kepada pelanggan, contohnya pelayanan front office pada hotel.

3. Supporting Service

Supporting service merupakan pelayanan suplemen atau pendukung untuk meningkatkan nilai pelayanan atau untuk membedakan dengan pelayanan-pelayanan dari pihak pesaingnya, contohnya hotel dan restoran pada satu tempat.


Pentingnya Pelayanan Prima

Suatu perusahaan yang ingin maju mengharapkan pelanggan untuk membeli barang atau jasanya dan tetap menjaga semoga pelanggan tetap membeli barangnya. Walaupun banyak perusahaan-perusahaan memperlihatkan produk yang bersaing, tetapi tujuannya yaitu menarik pelanggan yang sama.

Sebagian besar orang-orang mengatakan pelayanan yang terbaik, sebaliknya suatu ketika kita mendapat pelayanan yang buruk. Pengalaman ini tidak menyenangkan dan menjadikan kita tidak suka untuk mengingatnya.

Jadi, pelayanan prima penting bagi perusahaan, pelanggan, dan staff perusahaan. Penting bagi perusahaan alasannya yaitu sanggup mempertahankan loyalitas pelanggan dan membantu untuk mencerahkan masa depan bisnisnya. Penting bagi pelanggan alasannya yaitu mengatakan kombinasi untuk mengambil keputusan dalam pembelian dan menentukan produk, serta menjamin untuk memenuhi kebutuhan. Penting bagi staff perusahaan alasannya yaitu akan mengatakan pujian pada mereka, perusahaan, dan produknya.


Tujuan Pelayanan Prima

Tujuan pelayanan prima yaitu memuaskan atau sesuai dengan keinginan pelanggan. Untuk mencapai hal itu, dibutuhkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan/keinginan pelanggan.


Contoh Pelayanan Prima

  1. Pelayanan STNK dan BPKB di kantor kepolisian: suasana tertib, memakai nomor urut, petugas informasi, petunjuk atau cara terpampang, waktu penyelesaian terpampang, serta penyerahan dan investigasi dokumen pribadi ke loket. Pelayanan tersebar di beberapa tempat.
  2. Pelayanan di Bank: satpam menyapa, mengantar ke daerah yang dituju, diberi nomor antrean, teller menyapa nama pelanggan, dan mengatakan senyuman.
  3. Pelanggan di swalayan: karyawan menyapa pelanggan yang tiba untuk berbelanja dengan ciri khasnya, karyawan memperhatikan kebutuhan pelanggannya, pinjaman diskon untuk menari pelanggan.


Demikian artikel mengenai Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi semua orang.

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh Dan Pentingnya Pelayanan Prima"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel