√ Kerajaan Kutai: Letak Geografis, Sumber Sejarah, Kehidupan Politik, Sosial, Dan Budaya

Halo sob kali ini saya akan menjelaskan perihal sejarah kerajaan kutai, dimulai dari letak geografis, sumber sejarah, kehidupan politik, kehidupan sosial, dan kehidupan budaya, silahkan simak penjelasannya dibawah ini untuk menambah pengetahuan sobat.

 Halo sob kali ini saya akan menjelaskan perihal sejarah kerajaan kutai √ Kerajaan Kutai: Letak Geografis, Sumber Sejarah, Kehidupan Politik, Sosial, dan Budaya


Letak Geografis

Tahukah Anda di manakah letak Kerajaan Kutai? Kerajaan Kutai atau Kerajaan Kutai Martadipura (Martapura) berada di sungai Mahakam, lebih tepatnya di kecamatan Muarakaman, Kutai, Kalimantan Timur. Berdiri sekitar kurun ke-14 M, daerahnya cukup luas yaitu hampir menguasai wilayah Kalimantan. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu pertama di Nusantara.


Sumber Sejarah

Sumber sejarah mengenai keberadaan Kerajaan Kutai ialah beberapa inovasi peninggalan berupa goresan pena (prasasti). Tulisan tersebut terdapat pada 7 tiang watu yang disebut dengan yupa. Yupa ini berbentuk tugu watu serupa menhir ini ialah warisan nenek moyang dari zaman dahulu yaitu zaman megalitikum. Tiang watu atau yupa tersebut dikeluarkan oleh Mulawarman dengan memakai aksara pallawa dan bahasa Sanskerta. Yupa ini dipakai untuk mengikat binatang kurban yang merupakan persembahan masyarakat Kutai ke para tuhan yang dipujanya.


Kehidupan Politik

Bisakah Anda menyebutkan raja-raja yang pernah memerintah di Kerajaan Kutai? Raja-raja yang pernah memerintah di Kerajaan Kutai ialah sebagai berikut.

1. Raja Kudungga

Raja Kudungga ialah raja pertama Kerajaan Kutai. Menurut analisis Prof. Dr. Purbacaraka, Kudungga ialah nama orisinil Indonesia. Kedudukan Raja Kudungga pada awalnya ialah seorang kepala suku, tetapi dengan masuknya efek Hindu ia mengubah struktur pemerintahnya menjadi kerajaan dan mengangkat dirinya menjadi raja.

2. Raja Aswawarman

Dalam salah satu yupa menyatakan bahwa Maharaja Kudungga memiliki seorang putra berjulukan Aswawarman yang disamakan dengan Ansuman (dewa matahari). Aswawarman memiliki tiga orang putra, yang paling populer ialah Mulawarman. Dalam prasasti yupa disebutkan bahwa Raja Aswawarman ialah seorang raja cakap dan kuat.

Pada masa pemerintahannya wilayah kekuasaan Kutai diperluas, buktinya dengan adanya pelaksanaan upacara asmawedha. upacara ini bertujuan untuk mengetahui luas kekuasaan melalui pelepasan kuda, semakin jauh telapak kuda yang ditemukan maka semakin luas wilayah kekuasaannya. Raja Aswawarman dianggap sebagai pendiri keluarga raja atau wangsakarta.

3. Raja Mulawarman

Raja Mulawarman ialah raja terbesar Kerajaan Kutai. Kebesaran kekuasaan Raja Mulawarman terlihat dalam upacara-upacara persembahan kepada para tuhan yang pernah dilakukannya. Kebaikan raja diwujudkan dalam proteksi hadiah atau sedekah berupa sapi dalam jumlah yang banyak pada para brahmana.


Kehidupan Sosial

Berdasarkan sumber sejarah yupa sanggup disimpulkan bahwa di Kutai telah ada kaum Brahmana. Hal tersebut sanggup dilihat dari adanya golongan yang sudah menguasai bahasa Sanskerta . Pada waktu itu kaum Brahmana sudah merupakan golongan tersendiri dalam masyarakat Kerajaan Kutai. Selain kaum Brahmana, golongan lain ialah kaum Ksatria yang terdiri dari kerabat Raja Mulawarman. Selain kedua golongan tersebut ada golongan orang Kutai Kuno yang masih memegang teguh agama orisinil leluhur mereka.


Kehidupan Budaya

Mengenai kehidupan budaya Kerajaan Kutai sudah sanggup dikatakan maju. Buktinya ialah dengan hasil kebudayaan Kerajaan Kutai yang paling utama yaitu yupa. Pada yupa ada perpaduan menarik yaitu adanya efek kebudayaan India dengan kebudayaan lokal.

Di Kerajaan Kutai sudah terdapat upacara penyucian diri yang disebut dengan vratyastoma. Menurut kepercayaan Hindu, seseorang yang telah terkontaminasi dan risikonya dikeluarkan dari kasta, sanggup diterima kembali masuk kastanya sesudah melalui upacara vratyastoma.



Demikian artikel perihal sejarah Kerajaan Kutai ini, biar artikel ini sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan semua orang.

Belum ada Komentar untuk "√ Kerajaan Kutai: Letak Geografis, Sumber Sejarah, Kehidupan Politik, Sosial, Dan Budaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel