√ Macam-Macam Penyakit Kelamin

Sebagai insan kita sering mendapat banyak sekali macam penyakit baik itu laki-laki maupun wanit √ Macam-Macam Penyakit Kelamin



8 Jenis Penyakit Kelamin Pria Dan Wanita

Sebagai insan kita sering mendapat banyak sekali macam penyakit baik itu laki-laki maupun perempuan yang biasa disebut penyakit kelamin.

Penyakit kelamin banyak disebabkan oleh basil melalui kekerabatan seks atau jarum suntik yang sudah terkontaminasi. Jika mendengar penyakit kelamin maka akan terimajinasi dengan hal yang jelek di pikiran kita, ini bukanlah diam-diam umum lagi jikalau sebagian besar penyakit kelamin sangat berbahaya dan sukar disembuhkan.. mau tahu apa saja penyakit kelamin itu,, yukk di simak ulasan berikut ini.

1. HIV/AIDS

Penyakit ini diakibatkan dengan kekerabatan intim yang paling serius mengakibatkan tidak bekerjanya sistem kekebalan tubuh.

Penyakit ini yakni penyakit yang menular seksual yang paling  berbahaya lantaran sanggup menciptakan kerusakan pada imunisasi badan sehingga badan cepat kena segala macam penyakit. Tidak ada tanda-tanda faktual tanpa penelitian darah. Penyakit ini sanggup menyababkan simpulan hayat setelah sepuluh tahun terinfeksi virus HIV.

2. Chlamydia

Penyakit ini juga penyakit menular seksual yang disebkan oleh basil Chamydia trachomatis.
Penyakit ini biasanya dijumpai laki-laki dan perempuan berusia muda yang aktif secara seksual.

Gejala yang sanggup dirasakan berupa nyeri atau rasa terbakar ketika buang air kecil, nyeri ketika berafiliasi seksual, keluarnya cairan berwarna putih dari kelamin dan sulit untuk hamil. Namun sering kali penderita yang terkena tidak mengalami tanda-tanda yang speifik sehingga pengobatan biasanya tidak dimulai semenjak dini.

3. Herpes Genitalis

Penyakit kelamin ini disebabkan oleh Herpes Simplex Viruses (HSV), gejala  herpes kelamin timbul antara 3 hingga 10 hari setelah berafiliasi seksual dengan penderita.

Timbul lepus berisi cairan yang berkelompok bersamman dengan ruam kemerahan pada kawasan kelamin. Penderita akan mengalami nyeri, perih, terasa terbakar, disertai dengan bengkaknya kalenjer getah bening di selangkang, dalam  5 hingga 10 hari tanda-tanda akan hilang.

4. Infeksi Jamur Kelamin

Penyebab infeksi jamur kelamin yakni jamur spesies candida albicans atau disebut juga candidiasis, yang mengakibatkan rasa gatal dan berwarna merah di bawah kulit kelamin laki-laki yang tidak disunat. pada perempuan akan keluar cairan putih kental layaknya keju yang mengakibatkan rasa gatal. Infeksi jamur ini sanggup diobati dengan obat anti jamur topikal ( oles ) ataupun oral (minum).

5. Sifilis

Penyakit ini disebabkan oleh basil Treponema pallidum. Penyakit kelamin laki-laki dan perempuan sifilis ini muncul antara 3 ahad hingga 3 bulan setelah berafiliasi intim dengan penderita penyakit kelamin tersebut.
Penyakit sifilis memliki 4 stadium

  §  Pada stadium pertama tanda-tanda klinis berupa adanya lesi tukak ibarat sariawan dengan perabaan keras yang tidak nyeri pada daerah  kelamin. lesi ini biasanya sembuh dengan  sendirinya tanpa pengobatan. namun bekteri tersebut bersama-sama tidak hilang, melainkan akan berlanjut ke stadium kedua.

  §  Pada stadium ke dua. Muncul bercak  kemerahan potongan tubuh, biasanya tidak disertai dengan rasa gatal dan adanya bercak kecokelatan di kedua telapak tangan. Lesi ini juga akan sanggup sembuh sendiri tetapi apabila tidak diobati, penyakit ini akan berlanjut ke stadium ketiga.

  §  Pada stadium ketiga / Tahap laten sifilis yakni ketika tidak ada tanda-tanda atau tanda-tanda sifilis yang tampak. jikalau tidak segera diobati, penderita sifilis sanggup terus mempunyai sifilis di badan selama bertahun-tahun tanpa tanda atau gejala.

  §  Pada stadium keempat/Tahap Tersier biasanya penderita sifilis yang tidak diobati tidak mengalami sifilis tersier. namun ketika terjadi, itu sanggup mempengaruhi banyak sistem organ yang berbeda. ini termasuk jantung dan pembuluh darah, dan otak serta sistem saraf. Sifilis tersier amat serius dan akan terjadi pada 10-30 tahun setelah infeksi dimulai. pada sifilis tersier. penyakit ini akan merusak organ potongan dalam dan sanggup mengakibatkan kematian..

6. Kutil Kelamin

Penyakit ini disebabkan oleh Human Papilloniavirus (HPV). muncul berupa satu atau banyak kutil atau benjolan antara sebulan hingga setahun setelah berafiliasi seksual dengan penderita penyakit kelamin.

Gejalanya berupa benjolah yang muncul ibarat kembang kol pada penis atau anus. Kutil kelamin ini sanggup diuji dengan lapisan cuka. Jenis penyakit ini sanggup berakibat serius pada perempuan lantaran sanggup mengakibatkan kanker serviks. kabar baiknya. kutil pada kelamin ini sanggup disembuhkan. kalau perempuan harus mengunakan pap smear setia kali berganti pasangan.

7. Tungau

Mirirp dengan kutu kelamin tetapi ukuranya lebih kecil dan menetap di bawah kulit.
Penyakit kelamin ini disebabkan tungau sarcoptes scabies, yang disebabkan luka-luka kecil dan gatal diseluruh potongan tubuh. Biasanya dokter akan memperlihatkan krim yang mengandung permetrin atau welirang harus dipakai selama seminggu sekali.

sementara itu. pakaian, seprai, dan handuk harus dicuci setelah pengobatan, lantaran kutu sanggup menetap pada kain kain tersebut.

8. Gonorrhea

Penyakit kelamin yang terakhir ini biasanya disebabkan oleh basil Neisseri gonorrhea, biasa dikenal dengan sebutan kencing nanah. infeksi dimulai beberapa hari hingga beberapa ahad setelah kekerabatan intim dengan orang yang terserang penyakit kelamin ini. Gejala khas pada penyakit ini yakni keluarnya cairan berwarna putih ibarat nanah pada ujung penis atau vagina.
Ketika buang air kecil sanggup terasa sakit namun tanda-tanda penyakit kelamin ini terkadang tidak sanggup dirasakan. sedangkan gejala-gejala gonorrhea pada perempuan biasanya sangat ringan. tetapi jikalau tidak segera diobati penyakit kelamin ini sanggup menjadi parah dan mengakibatkan kematian.

Adapun tips untuk menghindari penyakit kelamin di atas sebagai berikut

    a.   Setia Pada Pasangan

Anda sanggup memperkecil resiko tertular penyakit kelamin dengan melaksanakan seks lebih sedikit orang. Resiko  terkecil tentu yakni setia pada pasangan anda dirumah. Tentu  saja denga catatan bahwa pasangan anda di pastikan tidak tertular penyakit kelamin.

    b.  Jauhi Alkohol dan Narkoba

Kenapa harus menjauhi alcohol dan narkoba apa hubungannya? Tentu saja ada, jikalau anda berafiliasi seks ketika anda mabuk tidak sadarkan diri tentu resiko untuk antisifasi ketika berafiliasi seks akan kurang aman.

    c.   Melakukan Vaksinasi

Anda sanggup melaksanakan vaksinasi HPV untuk mengurangi resiko terkena penyakit kelamin. Berdasarkan data dari USA dalam 6 tahun diberlakukan vaksin HPV dan itu telah berhasil menurunkan prevalensi HPV pada perempuan berumur 14-19 tahun 64% dan 34% pada perempuan berumur 20-24 tahun. jadi itu menerangkan vaksin sanggup menurunkan resiko HPV.

    d.  Gunakan Kondom

Walaupun kita masih sanggup terkena herpes atau HPV ketika mengunakan Kondom, Sebagian besar penyakit menular seksual sanggup dicegah dengan menggunakan kondom. Beberapa kondom bahkan mempunyai kandungan yang sanggup membunuh mikroorganisme penyebab penyakit.

    e.   Menjaga Kebersihan Sebelum Dan Setelah Berhubungna Seks

Membersihkan kelamin setelah maupun sebelum berafiliasi seks yakni langkah paling cantik untuk mengantisifasi terkenanya penyakit menular kelamin.
Untuk perempuan pilihlan cairan antiseptic pembersih kewanitaan yang mengandung povidone-iodine, untuk membasmi basil penyebab infeksi di vagina. Pembersih vagina ini cukup di bersihkan potongan luar saja, lantaran potongan dalam lubang vagina sudah punya prosedur pemebersih sendiri dengan pemberian basil baik.

Demikianlah ulasan terkait jenis gejala-gejala penyakit kelamin laki-laki dan perempuan serta tips menghindari penyakit kelamin perempuan maupun pria, yang biar sanggup membantu anda.

Belum ada Komentar untuk "√ Macam-Macam Penyakit Kelamin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel