√ Jenis-Jenis Karangan Ilmiah

Karangan ilmiah tidak selalu identik dengan karangan hasil penelitian. Karangan hasil penelitian hanyalah salah satu jenis karangan ilmiah. Apabila kita merujuk kepada pengertian dan cirri-ciri karangan ilmiah, aka nada aneka macam jenis karya tulis atau karangan yang sanggup di golongkan ke dalam karangan ilmiah. Namun, secara umum karangan ilmiah terbagi menjadi jenis-jenis berikit:

Laporan
Laporan ialah salah satu cara berkomunikasi dari penulis untuk memberikan hal-hal penting kepada seseorang atau suatu tubuh hokum sehubungan dengan kiprah yang di bebankan kepadanya.

Pembuatan laporan sangat di perlukan, terutama dalam kaitannya dengan penyusunan kebijakan-kebijakan, ibarat kebijakan untuk
  1. Mengatasi suatu nasalah;
  2. Mengambil putusan yang lebih efektif;
  3. Mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah;
  4. Mengadakan pengawasan dan perbaikan;
  5. Meneumukan teknik-teknik baru;
Menurut isinya, sebuah laporan sanggup berupa laporan buku, laporan wawancara, laporan diskusi, laporan perjalanan, laporang pengamatan, laporan peristiwa, dan laporan penelitian.

Makalah
Makalah ialah karangan ilmiah yang membahas suatu laporan beserta pemecahan menurut kajian literature dan/ atau kajian lapangan. Makalah biasanya di susun untuk pertemuan-pertemuan ilmiah, ibarat symposium, seminar, atau lokakarya. Makalah sering pula di sebut paper, yakni kiprah tertulis pada suatu mata perkuliahan/ pelajaran yang penyusunannya bias berupa kajian terhadap buku dan permasalahan dalam suatu perkuliahan atau lapangan. Selain itu, di kenal pula istilah kertas kerja, yakni jenis makalah yang di susun dan di presentasikan oleh seorang pejabat dalam suatu pertemua.

Dalm surat kabar atau majalah sering pula dijumpai karangan yang sejenis dengan makalah, yaitu artikel. Artikel merupakan karangan factual yang membahas suatu persoalan, contohnya seni, budaya, dan pariwisata dengan tujuan memberikan gagasan dan fakta meyakinkanm mendidik, dan menghibur.

Skripsi
Skripsi ialah karangan yang di susun oleh mahasiswa S1 untuk menuntaskan pendidikannya. Skripsi merupakan bukti kemampuan akademis seorang mahasiswa dalam penelitian yang bekerjasama dengan pemecahan kasus yang sesuai dengan bidang studinya. Skripsi berisikan hasil penelitian yang di olah, di analisis, dan di simpulkanseseuai dengan tujuan penulisan.

Tesis
Tesis ialah karangan ilmiah yang di tulis mahasiswa S2 untuk memperoleh gelar master atau magister. Di bandingkan skripsi, tesis mempunyai taraf keilmiahan yang lebih tinggi. Hal itu di sebabkan oleh penulisannya yang lebih teliti dan mendalam, baik dari segi permasalahan, kajian teoretis, maupun pembahasannya. Oleh lantaran itu, pernyataan, pendapat, atau teori yang di kemukakan harus di dukung argument yang kuat.

Disertasi
Disertasi ialah karangan ilmiah yang di tulis oleh mahasiswa S3 untuk memperoleh gelar doctor. Doctor ialah gelar akademis tertinggi yang di berikan oleh suatu perguruan tinggi. Di bandingkan skripsi dan tesis, disertasi mempunyai tingkat keilmiahan yang lebih berbobot lantaran permasalahan yang di kaji lebih kompleks, mendalam, problematic, dan komprehensif.

Belum ada Komentar untuk "√ Jenis-Jenis Karangan Ilmiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel