√ Empat Unsur Penting Visi Ditjen Dikdasmen

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Yudistira Wahyu Widiasana, dikala menjadi nara sumber dalam program Workshop Bantuan Sosial Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah dan Rapat Koordinasi (Rakor) Kegiatan Dekonsentrasi Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, memberikan empat unsur penting visi Ditjen Dikdasmen Tahun 2019-2019.

Empat unsur penting itu yakni :

Unsur pertama : Merupakan pemeran pendidkan yang harus berperan dan/atau yang harus diberdayakan.

Unsur kedua : Ekosistem, yang dalam visi ini mendekati pegertian sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh serta menyeluruh antara unsur di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang terdiri dari murid, guru, kepala sekolah, pemerintah dan orang renta serta masyarakat yang saling memengaruhi.

Unsur ketiga : Karakter. Menurut Yudistira, unsur ketiga ini merupakan bab dari tujuan kinerja ekosistem pendidikan dasar dan menengah.

Unsur keempat : Gotong royong merupakan sifat kinerja dari seluruh komponen pendidikan dasar dan menengah. Sehingga pendidikan bukan merupakan tanggung jawab pemerintah, atau sekelompok orang saja.

Visi Ditjen Dikdasmen di atas, merupakan turunan dari visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu “Mewujudkan Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter dengan berlandaskan Gotong Royong.”

Beberapa isu penting ibarat Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti yang digagas Mendikbud Anies Baswedan, reorganisasi di badan Kemendikbud yang salah satunya yakni penyatuan Ditjen Dikdas dan Ditjen Dikmen menjadi Ditjen Dikdasmen, RPJMN Ditjen Dikdasmen Tahun 2019-2019, dan lainnya.

Sumber : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Belum ada Komentar untuk "√ Empat Unsur Penting Visi Ditjen Dikdasmen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel